Salin Artikel

Tips Rumah Sehat dari Ahli Feng Shui, Jangan Lupa Letakkan Ini

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan tak hanya soal fisik dan yang terlihat oleh mata saja. Namun, kita juga perlu memikirkan kesehatan emosi dan mental.

Stres misalnya, dapat membahayakan kesehatan mental dan berpotensi melemahkan sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, kita perlu memaksimalkan energi baik di rumah berbagai cara, salah satunya dengan feng shui.

Menurut filosofi Tiongkok kuno ini, setiap benda, ruang, dan makhluk hidup memiliki energi kehidupan yang disebut chi.

Nah, kita dapat memanfaatkan energi ini untuk memberi diri kita dorongan agar tetap sehat baik secara fisik maupun mental.

"Chi dapat diatur lewat rancangan ruang untuk memaksimalkan, mengoptimalkan, dan mendukung kondisi seseorang," cetus Susan M. Chu, Konsultan Feng shui.

Semakin baik kualitas chi yang dapat kita alirkan dalam rumah, semakin sehat dan bersemangat penghuninya.

Ini dapat berdampak positif pada kesehatan emosional kita yang pada ujungnya berpengaruh pula ke kesehatan fisik.

Selain tata letak, menempatkan barang dengan tepat di area rumah di mana kita sering menghabiskan waktu dapat menyelaraskan energi pikiran, tubuh, dan jiwa yang sehat.

Berikut 13 barang yang bisa membuat rumah kita menjadi sehat untuk tubuh dan emosi yang dilansir dari Reader's Digest:

1. Tanaman hijau

“Tanaman adalah cara untuk tetap terhubung dengan alam meski kita menghabiskan waktu di dalam ruangan,”

"Tanaman menawarkan banyak manfaat kesehatan dengan menurunkan kadar karbon dioksida di dalam ruangan dan bahkan berpotensi mengurangi konsentrasi polutan tertentu," kata Calamia.

Untuk keberuntungan, Chu merekomendasikan membeli pohon jeruk, lalu menempatkannya di sudut barat daya rumah.

2. Bunga-bunga

Bunga memberikan pengalaman multisensori yang positif, karena mereka terlihat cantik dan wangi, dan kedua hal itu dapat membuat kita bahagia.

Chu menyarankan untuk membeli yang disukai. Jika kamu menyukai bunga mawar, boleh-boleh saja membeli bunga mawar.

Calamia merekomendasikan untuk menempatkan vas bunga potong segar di ruangan tempat kamu menghabiskan waktu paling banyak. 

3. Pencahayaan yang bagus

Salah satu cara terbaik adalah dengan memasukkan lebih banyak cahaya alami dari sinar matahari ke dalam rumah. Kamu bisa membuka tirai dan jendela rumahmu.

Calamia menyarankan untuk membeli lampu garam Himalaya, yang dia gunakan di rumahnya sendiri.

Bohlam lampu menghangatkan garam, yang melepaskan ion negatif ke udara. Ion negatif ini membersihkan udara, meningkatkan penyembuhan, dan memancarkan energi feng shui positif di rumah.

4. Karya seni yang tepat

Simbol kekuatan dan vitalitas ini paling baik ditempatkan di pusat figuratif rumahmu, yang akan menjadi tempat semua orang berkumpul, seperti ruang keluarga.

Chu juga mengungkapakan bahwa karya seni adalah perpanjangan dari diri kita sendiri, jadi sebaiknya pilih lukisan yang mencerminkan keinginan kita. 

"Jika kamu baru mulai berkeluarga, pilih gambar dengan anak-anak atau kelompok di dalamnya," tambahnya. 

5. Tanaman herbal

Dia menambahkan bahwa menutrisi tubuh dengan nutrisi yang sehat memberikan "energi yang besar" dan menekankan bahwa feng shui bersifat multidimensi.

Aroma herbal yang aromatik juga dapat bermanfaat untuk menenangkan pikiran.

Kamu bisa menanam lavender yang bisa menenangkan atau pun rosemary yang menyegarkan.

6. Kristal

Calamia merekomendasikan untuk menggantung kristal feng shui yang bening dan memiliki banyak segi di jendela dengan sinar matahari paling banyak.

Pada waktu-waktu tertentu dalam sehari, ketika sinar matahari menerpa dengan benar, warna-warna cerah akan menari-nari di setiap permukaan ruangan.

Chu, seorang ahli kristal, menyarankan untuk menempatkan kristal citrine atau ruby alami di sudut tenggara rumahmu yang dipercaya untuk kemakmuran.

Dan untuk hubungan yang baik, kamu bisa mencoba kuarsa mawar atau aventurine hijau yang diletakkan di sudut barat daya.

7. Lonceng angin

Kamu bisa coba gantung lonceng angin untuk menangkap energi angin dan suara alami dapat memenuhi rumahmu.

Calamia menyarankan untuk memilih lonceng bambu atau kayu, dibandingkan lonceng logam, hal ini dikarenakan nada lonceng bambu yang lebih rendah sehingga membuat tenang.

8. Tempat penyimpanan 

Kelebihan barang menyebabkan ketidakseimbangan yang hebat, dan itu berkontribusi pada energi yang mandek, yang membuat energi kita merasa terkuras.

Bahkan dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh kita dengan membuat kita merasa kewalahan.

Ditambah lagi, kertas yang berantakan dapat mengumpulkan debu dan jamur, membuat udara yang kita hirup tidak sehat dan sampah di lantai dapat menimbulkan bahaya tersandung.

Untuk itu, kamu perlu membuang barang-barang yang tidak penting, lalu menyiapkan satu tempat khusus untuk menyimpan barang yang masih ingin kamu gunakan nantinya. 

9. Aksen warna-warni

Tak harus mengecat semua ruangan menjadi warna cerah, kamu hanya perlu memberikan warna melalui potongan aksen, seperti bantal dekorasi warna-warni.

Menurut Chu cara intuitif untuk menambahkan semangat adalah dengan memilih warna yang cocok untukmu. Ia percaya bahwa semua warna itu bagus, maka dari itu pilihlah warna yang memang kamu sukai.

10. Cermin

Jika ruangan Anda berada di sisi yang lebih gelap, tanpa banyak jendela atau cahaya organik, maka menambahkan cermin akan mencerahkan ruangan.

Ruang yang lebih cerah membangkitkan semangat dan membuat kita merasa lebih baik. Cermin akan memperkuat apa yang dipantulkannya.

Calamia memperingatkan untuk memeriksa posisi cermin sebelum kamu menggantungnya. Jangan sampai, di depannya adalah pantulan kotak sampah atau hal yang bisa menyebabkan energi negatif muncul.

11. Foto

Calamia menyarankan untuk menempatkan foto di mana saja kecuali di kamar tidur. Mengapa? Kamar tidur adalah ruang pribadi di mana kamu harus beristirahat dengan tenang dan nyaman.

12. Air mengalir

"Air terjun mendorong pertumbuhan dan pergerakan serta meningkatkan kesehatan di rumahmu." 

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/19/163758220/tips-rumah-sehat-dari-ahli-feng-shui-jangan-lupa-letakkan-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.