Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Alasan Anjing Suka Duduki Tempat Bekas Tuannya

Coba perhatikan, pernahkan kita mendapati, anjing peliharaan kita bergerak dan kemudian menduduki tempat kita duduk, yang baru saja ditinggalkan. 

Bagaimana? Apakah kita pernah mendapati dan memikirkan alasan di balik kejadian tersebut?

Menunjukkan kasih sayang

Bagi kebanyakan anjing, mencuri tempat duduk majikan adalah tanda kasih sayang.

Dengan melompat ke tempat tuannya, anjing mengambil tempat yang mewakili kehangatan dan kenyamanan.

Aroma tubuh tuannya terasa familiar dan aman, sehingga anjing secara naluriah tahu tempat mana pun yang pernah dikunjungi atau tempati kemungkinan besar juga familiar dan aman.

Ini adalah alasan yang sama mengapa anjing ingin berada di tempat tidur, di mobil, di kursi, atau bahkan di atas pangkuan kita.

Lokasi-lokasi itu semua adalah tempat di mana kita menetap, dan menghabiskan waktu paling banyak, serta akan kembali dari waktu ke waktu.

Anjing adalah hewan yang sangat cerdas dan cepat menangkap kebiasaan dan rutinitas manusia.

Mereka tahu tempat di dalam dan sekitar rumah yang sering kita gunakan. Duduk di tempat tuannya juga merupakan cara untuk melindungi wilayah tersebut.

Anjing akan dengan setia menunggu kembali di rumah.

Begitu seekor anjing tahu kita akan memberinya makanan dan tempat tinggal, anjing akan menempatkan semua kesetiaan dan kepercayaannya kepada kita, dan mengikuti ke mana pun.

Menegaskan kekuasaannya

Alasan lain adalah untuk menunjukkan bahwa ajing tersebut ingin terlihat memegang kendali. Ini bisa terjadi jika kita memelihara lebih dari satu anjing.

Perilaku ini sangat umum jika anjing tersebut merupakan anggota baru dalam keluarga, memiliki riwayat pelecehan, atau merupakan bagian dari kelompok anjing.

Anjing bersifat teritorial, yang merupakan hal yang baik, tetapi anjing tidak boleh seperti itu di rumah atau di dalam keluarga sendiri.

Meskipun ini mungkin tampak lucu atau tidak berbahaya pada awalnya, membiarkan anjing melakukan ini untuk waktu yang lama dapat menyebabkan masalah perilaku lain yang mungkin tidak terlalu baik.

Menurut American Veterinary Medical Association, hal ini menjadi lebih penting jika ada anak kecil di sekitar anjing yang mungkin terluka karena anjing tersebut ketakutan atau kesal.

Sejak awal, anjing perlu memahami bahwa manusialah yang memegang kendali.

Hal ini tidak hanya menjaga kedamaian dan kenyamanan, tetapi pada akhirnya perlu menciptakan hubungan anjing dan manusia yang didasarkan pada rasa saling percaya dan pengertian.

Tetapi, jika anjing kita hanya melakukan ini beberapa kali dan disertai dengan ekor yang bergoyang goyang serta perilaku lembut, kemungkinan besar tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Kondisi ini menjadi masalah yang serius jika anjing menunjukkan agresi dalam bentuk menggeram, menggigit gigi, atau menggigit.

Sebaiknya, mulailah untuk berkonsultasi ke dokter hewan agar hewan tersebut bisa mendapatkan perawatan khusus.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/22/082106120/2-alasan-anjing-suka-duduki-tempat-bekas-tuannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke