Salin Artikel

Musik Hip Hop Bisa Bantu Atasi Masalah Kesehatan Mental, Benarkah?

KOMPAS.com - Musik hip hop kebanyakan memiliki penggemar tersendiri yaitu kalangan anak muda.

Musik ini sering dianggap merusak oleh para orangtua karena liriknya yang kerap bertema kekerasan dan pemberontakan, selain tema seksual yang vulgar.

Namun, riset menemukan bahwa musik rap atau hip hop yang positif dapat membantu  menghilangkan perasaan sedih.

Sebuah studi dari University of North Carolina di Chapel Hill, yang diterbitkan di JAMA Pediatrics, menunjukkan bagaimana hip hop dapat membantu mengatasi masalah mental.

"Seniman hip hop dianggap orang 'paling keren' di dunia saat ini," kata Alex Kresovich, penulis utama studi tersebut.

“Fakta bahwa beberapa rapper atau penyanyi hip hop berbicara tentang kesehatan mental dapat memiliki implikasi yang sangat besar pada bagaimana orang muda memandang kesehatan mental."

Anak-anak muda yang mendengarkannya kemudian bisa merujuk bagaimana memandang diri mereka sendiri jika sedang berjuang dengan kesehatan mental.

Menurut penelitian, jumlah lagu rap yang merujuk pada kesehatan mental meningkat lebih dari dua kali lipat sejak 1998.

Peningkatan itu dapat mengubah cara kita berbicara tentang kesehatan mental, yang selama ini sering dianggap tabu untuk dibicarakan.

Padahal membicarakannya adalah langkah penting, mengingat stres pada usia 18 hingga 25 tahun semakin meroket, dan penderitanya kerap tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Dengan mendeskripsikan apa yang mereka rasakan, artis rap membantu pendengarnya untuk berhubungan sekaligus membantu menghilangkan stigma atas perasaan tersebut.

Ini dapat membantu mendorong penggemarnya untuk mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan.

"Referensi kesehatan mental oleh selebriti bisa sangat berpengaruh, karena mereka berfungsi sebagai teladan berdasarkan keberhasilan dan visibilitas mereka," jelas Pamela Rutledge, direktur pusat Riset Psikologi Media di Corona Del Mar, California.

“Selebriti seperti Justin Bieber yang pernah mengalami depresi, dan Demi Lovato dengan gangguan bipolarnya menjadi rujukan bagi anak muda."

"Ketika mereka berbicara tentang masalah mental atau cara mereka mengatasi stigma terhadap penyakit mental akan membuat para remaja bisa menerimanya dan mencari pengobatan."

Selain itu para selebriti itu juga memvalidasi dengan mendapatkan perawatan sebagai tindakan yang dapat diterima secara sosial. Hal ini, menjadikan bahwa penyakit mental bukanlah hal yang memalukan, dan bisa disembuhkan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/22/084218320/musik-hip-hop-bisa-bantu-atasi-masalah-kesehatan-mental-benarkah

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.