Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Gelar Henna Night Sebelum Pernikahan? Persiapkan 5 Hal Ini

KOMPAS.com - Henna Night menjadi rangkaian acara yang digelar sebelum hari pernikahan, seperti yang dilakukan oleh Aurel Hermansyah. Jika dulu merupakan tradisi di masyarakat Timur Tengah, kini kaum urban di berbagai dunia melaksanakannya.

Henna party kini kerap disamakan dengan bridal shower yang menjadi perayaan calon pengantin wanita bersama sahabat terdekatnya. Namun, awalnya ini adalah acara ketika tangan pengantin dihias pacar dengan motif yang rumit dan unik.

Acara dibatasi hanya untuk sahabat terdekat dan keluarga pengantin sebeluma akhirnya menjalani hidup yang baru. Mereka diajak untuk prosesnya dan dihibur dengan tarian dan makanan yang dihidangkan.

Biasanya ini digelar dua atau tiga hari sebelum pernikahan agar henna yang dibuat hiasan ini meresap di kulit dan nampak indah saat hari H.

Kini kaum urban menjadikan acara ini sebagai salah satu agenda favorit sebelum pernikahannya. Tak perlu berdarah Turki, Arab atau India jika ingin menggelar acara serupa.

Namun untuk memastikannya henna night yang digelar tetap sesuai, berikut adalah 5 hal yang harus ada dalam malam pacar ini:

  • Dekorasi

Dekorasi untuk acara ini tentu saja harus sesuai bertemakan Arabian atau Timur Tengah. Caranya dengan menggunakan beberapa item seperti karpet tebal, lampu, lilin, dan bantal duduk.

Banyak juga yang menambahkan dekorasi berupa tenda dengan gaya serupa. Cara ini juga cocok jika ingin menggelar henna night di lokasi outdoor.

  • Pengharum ruangan

Tradisi timur tengah dikenal dengan ciri khas aroma yang sangat kuat baik sebagai parfum maupun pengharum ruangan. Praktikkan hal ini dengan menyemprotkan parfum ruangan yang sesuai misalnya beraroma rempah atau musk.

Selain itu, sediakan pula berbagai dupa sebagai pelengkap suasana. Untuk ambience yang lebih sempurna, tak ada salahnya menyediakan sisha yang berfungsi menambah kaya aroma di ruangan maupun hiburan bagi para undangan.

  • Dresscode

Ada banyak tema yang bisa dipakai untuk henna night misalnya saja Turki, Arab, India dan Palestina. Biasanya pilihan warna yang diambil harus colorful seperti merah, kuning atau keemasan.

Hal ini juga berlaku untuk dresscode bagi para tamu. Jangan lupa menyebutkan mengenai tema dan warna yang sebaiknya dipakai untuk para undangan.

Selain itu, pastikan mereka menggunakan pakaian dengan lengan yang kendur dan telapak tangan terbuka agar memudahkan jika ingin digambar henna di tangannya.

  • Makanan

Kini makanan yang disediakan dalam henna party lebih beragam dan disesuaikan dengan selera tuan rumah. Meski demikian, Zainab Emseen, henna artis dari Sri Lanka menyarankan untuk tetap setia dengan makanan khas timur tengah atau India.

Beberapa yang direkomendasikan seperti samosa, roti maryam, kebab dan teh dengan berbagai aroma. Bisa juga berkreasi gaya modern dengan menghidangkan cupcakes berhiasakan henna di atasnya.

  • Hiburan

Dalam pesta apapun, hiburan sangat penting agar tamu tidak merasa bosan dan pulang lebih cepat. Agar henna party menjadi lebih semarak, undang para penari perut untuk menghibur tamu.

Bisa pula mendatangkan peramal atau pembaca telapak tangan bagi para tamu yang tertarik. Salah satu aspek lainnya juga menyediakan beberapa artis henna jika ada sahabat atau keluarga yang juga tertarik untuk dihias tangannya.

Hal terakhir yang juga harus diperhatikan adalah memilih playlist song yang sesuai. Cari party song favorit untuk diputar saat acara dan beberapa lagu yang asyik untuk berjoget dan menari bersama sahabat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/22/103253920/ingin-gelar-henna-night-sebelum-pernikahan-persiapkan-5-hal-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke