Salin Artikel

4 Akibat Kurang Bercinta, Apa Saja?

KOMPAS.com - Kita sering dianjurkan untuk rutin olahraga, makan teratur dan bergizi, cukup istirahat dan menjauhi stres agar selalu sehat. Namun jarang sekali ada yang menyarankan untuk rutin bercinta. 

Mungkin saran ini terdengar lucu, tapi berhubungan seks ternyata memiliki banyak manfaat sekaligus mencegah beberapa permasalahan kesehatan, baik itu fisik maupun mental.

Melakukan aktivitas seks sama seperti berolahraga. Kita membutuhkan kelenturan, kebugaran dan daya tahan tertentu. Selain itu, pria yang rutin berhubungan seks dan mendapatkan orgasme cenderung memiliki suasana hati yang lebih baik.

Di lain pihak, jarang berhubungan seks dapat mempengaruhi kesehatan, bahkan ada potensi-potensi penyakit yang bisa muncul. Namun, untungnya, ini bisa diatasi dengan masturbasi, bagi mereka yang belum memiliki pasangan. 

Dilansir dari Man of Many, Berikut 4 akibat yang mungkin timbul jika kamu tidak pernah atau jarang berhubungan seks:

1. Resiko tinggi kanker prostat

Menurut penelitian, pria yang ejakulasi sedikitnya 21 kali dalam sebulan memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan mereka yang hanya ejakulasi 4-7 kali dalam sebulan.

Pria yang mengalami ejakulasi kurang dari 4 kali sebulan juga memiliki peningkatan risiko kematian akibat kondisi medis lainnya.

2. Sistem kekebalan tubuh melemah

Seks secara teratur dilaporkan dapat membantu fungsi kekebalan, menurunkan tekanan darah, dan mengelola tingkat stres.

Kontak dekat dengan manusia lainnya meskipun itu bukan kontak seksual, juga terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh kita merespons ancaman asing seperti racun, virus, alergen, dan bakteri. Menjaga kesehatannya sangat penting untuk kenyamanan dan kesehatan tubuh.

3. Blue Balls

Blue Balls mengacu pada rasa sakit di testis yang mungkin bisa dialami seseorang setelah terangsang tetapi tidak ejakulasi. Meskipun tidak berbahaya, itu pasti membuat tidak nyaman. 

4. Stres

Sistem reproduksi pada dasarnya seperti gunung berapi. Kamu bisa saja menahannya, tapi cepat atau lambat, ia akan meledak.

Sementara itu, terlalu banyak tekanan dapat menimbulkan efek negatif pada kondisi mental, termasuk stres, kecemasan, dan perasaan dendam atau keterasingan. 

Untuk itu, kamu perlu melakukan aktivitas seksual untuk meredakan stresmu. Tentu, jika belum memiliki pasangan, kamu disarankan untuk melakukan masturbasi.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa ketidakaktifan seksual meningkat di antara orang dewasa Amerika Serikat, terutama di antara pria yang lebih muda.

Tetapi bukti menunjukkan bahwa seks secara teratur, baik dengan pasangan atau diri sendiri dapat memberi manfaat mental dan fisik. Tak hanya itu, kurangnya aktivitas seks bisa menimbulkan berbagai risiko kesehatan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/22/121902820/4-akibat-kurang-bercinta-apa-saja

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.