Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah Warna Iris Mata Berkaitan dengan Kepribadian Seseorang?

KOMPAS.com – Pepatah kuno yang ditulis William Shakespeare mengatakan, mata merupakan jendela jiwa. Maksudnya, dengan hanya melihat mata, akan terlihat emosi, perilaku, dan pikiran yang tersembunyi dalam diri seseorang.

Meski terdengar klise, hal itu dibenarkan oleh peneliti dari Universitas Edinburgh, Skotlandia Anthony Fallone. Menurutnya, terdapat kaitan antara warna iris mata dengan karakter atau watak seseorang.

“Secara neurologis, mata berkaitan dengan otak. Warna mata memegang petunjuk penting menegani fungsi otak kita,” kata Anthony kepada Little Things, Rabu (3/6/2015).

Sebelumnya, para ilmuwan di Orebro University, Swedia melakukan penelitian terhadap 428 orang untuk mengetahui apakah warna mata berkaitan dengan kepribadian yang dimiliki manusia.

Hasilnya menunjukkan bahwa warna mata manusia dipengaruhi oleh gen sama yang membentuk lobus frontal dalam otak manusia.

Lobus frontal merupakan bagian otak besar yang berperan penting dalam mengatur emosi dan pengendalian diri.

Dilansir The Telescope, Rabu (28/1/2021), warna pada iris mata ditentukan oleh seberapa banyak melanin yang terkandung dalam mata. Semakin gelap warna mata yang dimiliki seseorang, maka semakin besar pula kandungan melanin di dalamnya.

Sekadar informasi, melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit, bola mata, rambut, dan bibir. Pigmen yang terbentuk dari sel-sel melanosit ini membuat bagian tertentu dalam tubuh menjadi gelap.

Jenis kepribadian yang ditentukan lewat iris mata ini tentunya sangat menarik untuk disimak. Melansir Little Things, Senin (22/3/2021), berikut deretan kepribadian yang didasarkan pada warna mata.

Hitam atau cokelat gelap

Berdasarkan studi berjudul Current Psychology yang dilakukan Elio Roma Gardiner dan Chris Jackson, warna mata gelap cenderung disukai oleh banyak orang karena mereka memiliki sifat kepemimpinan alami.

Pemilik warna hitam juga dinilai sebagai karakter yang cerdas. Pasalnya, mata mereka memiliki kandungan melanin yang banyak.

Melanin bertindak sebagai penyekat hubungan antarsel. Semakin banyak melanin yang dimiliki seseorang, semakin cepat pula otak mereka bekerja.

Namun, pemilik mata gelap juga dinilai memiliki kebiasaan kurang minum jika dibandingkan dengan pemilik warna mata terang.

Selain itu, disebutkan pula bahwa orang-orang bermata hitam atau cokelat gelap pandai dalam olahraga yang melibatkan pukulan ke target, contohnya tenis dan baseball.

Biru

Orang dengan warna mata biru memiliki kekuatan batin dan ketahanan fisik yang besar. Meski demikian, pemilik warna mata ini sering dipandang sebagai sosok yang lemah dan sulit dipercaya.

Dilansir Daily Mail, Senin (9/6/14), anak-anak bermata biru cenderung waspada terhadap hal-hal baru yang mereka temui sehari-hari. Hal ini menjadikan mereka kurang terbuka di sekitar teman sebaya.

Selain itu, orang-orang dengan mata biru memiliki kecenderungan senang bersaing dan egois.

Meski terkesan negatif, MedPage menulis pada Sabtu (2/5/15), perempuan dengan warna biru cenderung bisa menahan rasa sakit ketika melahirkan dibandingkan perempuan bermata gelap. Para perempuan dengan warna mata ini juga memiliki kemampuan hebat dalam menghadapi stres pascamelahirkan.

Abu-abu

Abu-abu merupakan jenis warna mata langka di dunia. Warna mata abu-abu terbagi menjadi dua warna dasar, yakni gelap dan pucat.

Warna mata abu-abu gelap memiliki lebih banyak melanin yang berkumpul di bagian depan mata. Sedangkan warna abu-abu pucat memiliki lebih sedikit melanin.

Seseorang dengan mata abu-abu gelap memiliki karakteristik seimbang dan sering dideskripsikan sebagai sosok yang memiliki dua kepribadian. Pemilik warna ini juga pandai berbaur dengan banyak orang dan bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Sementara itu, orang dengan mata abu-abu pucat dideskripsikan sebagai pekerja keras yang tidak banyak diketahui orang. Tipe mata ini juga memiliki tingkat sensitivitas tinggi dan senang peduli kepada orang lain.

Hazel

Mata warna hazel menampilkan perpaduan warna cokelat yang tampak hijau atau sebaliknya. Warna mata ini terkadang berubah hijau atau cokelat, tergantung pada pencahayaan atau atribut apa yang sedang dikenakan.

Matthew Leach dari University of South Australia mengatakan, orang-orang bermata hazel memiliki banyak warna dasar di mata mereka. Ini terjadi karena rusaknya material di dalam aliran darah yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hati.

Orang bermata hazel memiliki kepribadian mandiri, percaya diri, dan spontan. Karena ketidakseimbangan penyebaran melanin, terkadang sulit untuk mengetahui kepribadian orang-orang bermata hazel.

Cokelat terang

Orang-orang dengan warna mata cokelat terang secara umum dikenal sebagai pribadi loyal, hormat, dan lembut. Namun, orang dengan jenis warna mata ini juga dikenal terlalu penurut.

Studi yang dilakukan Chronobiology International menjelaskan, orang-orang dengan mata cokelat terang cenderung memiliki kebiasaan tidur dua jam lebih sedikit dari orang-orang dengan warna mata lain.

Siklus tidur yang dialami orang-orang dengan warna mata ini merupakan hal buruk. Akibatnya, mereka sering mengalami kesulitan untuk bisa bangun pagi.

Hijau

Orang dengan warna mata hijau seringkali diasosiasikan sebagai sosok menarik, seksi, dan misterius.

Dilansir Telescope, dokter bedah mata Hamadi Kallel telah meneliti banyak warna mata. Ia mendeskripsikan orang dengan mata hijau memiliki aura misteri dan kemandirian yang tenang.

“(Mereka) seringkali tidak dapat diprediksi dan sukar marah atau bersifat emosional, kreatif, serta dapat bekerja keras di bawah tekanan hebat,” jelas Hamadi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/23/091200120/benarkah-warna-iris-mata-berkaitan-dengan-kepribadian-seseorang-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke