Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Selebritas Wanita yang Pernah Mengidap Eating Disorder

KOMPAS.com - Gangguan pola makan atau eating disorder sangat erat kaitannya dengan persepsi akan bentuk tubuh yang ideal. Hal ini yang menyebabkan banyak pesohor wanita kerap mengalami gangguan ini.

Ada anggapan yang umum bahwa para penyanyi, aktrik dan model harus memiliki bentuk tubuh yang ideal. Tak heran ada sejumlah bintang yang dikenal pernah mengidap eating disorder, baik anoreksi maupun bulimia.

Mereka ketakutan akan kehilangan pekerjaan dan popularitasnya sehingga memicu perilaku ini. Penyakit ini memang kebanyakan diderita oleh wanita dan berkembang mulai saat remaja sampai usia dewasa.

Anxiety and Depression Association of America (ADAA) menyebutkan bahwa eating disorder kerap muncul bersamaan dengan gangguan kecemasan. Karena itu, penanganannya sering bersamaan meski tidak menjamin kesuksesan untuk keduanya.

Umumnya penderita eating disorder akan diberikan terapi perilaku kognitif untuk mengubah pola pikir dan perilaku penderita. Selain itu, disertai pula dengan minum obat dan konseling nutrisi.

Sejumlah artis wanita di bawah ini sudah pernah menderita penyakit ini dan berhasil menyembuhkan diri antara lain:

  • Taylor Swift

Penyanyi pop ini membuat pengakuan soal penyakitnya dalam serial dokumeter Netflix, Miss Americana. Hal ini dideritanya setelah kerap membaca berita mengenai penampilan fisiknya yang dinilai gemuk atau rumor kehamilan karena beratnya bertambah.

Ia mulai membenci makanan dan mengurangi asupan hariannya demi tampil lebih baik. Namun kini mantan kekasih Harry Styles ini telah sembuh dan menyadari makanan dapat membuatnya lebuh berenergi ketika tampil di atas panggung.

  • Bridget Malcolm

Model dikenal harus memiliki proporsi tubuh yang ideal dan ukuran pakaian 0. Apalagi jika menjadi representasi dari produk pakaian dalam ternama seperti Victoria Secret.

Bridget Malcolm, salah satu angel Victoria Secret, mengungkapkan jika ia pernah menderita gangguan makan sehingga mengalami kelelahan sepanjang hari dan rambut rontok. Model Australia ini juga mengalami kecemasan dan mengisolasi diri dari sekitarnya.

Belakangan diketahui ia menderita eating disorder karena hanya mengkonsumsi sayuran dan protein shakes selama dua tahun penuh. Ia mulai kembali pada gaya hidup yang sehat setelah berkonsultasi dengan terapis dan ahli nutrisi.

Aktris ini mulai menderita anoreksia dan bulimia ketika masih remaja dan terus berlanjut ketika masuk usia dewasa. Hal ini dialaminya ketika popularitasnya mulai meningkat dan mendapat sorotan publik.

Bintang serial Big Little Lies ini juga kerap tertekan karena kerap dibandingkan dengan sang ibu, Lisa Bonet, yang secara alami berpenampilan kurus. Hasilnya, ia menderita eating disorder selama 10 tahun sampai akhirnya mulai terapi kesembuhan di New York beberapa tahun silam.

  • Demi Lovato

Mantan bintang Disney Channel juga pernah menderita anoreksi dan bulimia di tengah popularitasnya. Kebiasaan makannya mulai meningkat sejak usia 8 tahun dan kemudian memburuk hingga bertahun-tahun setelahnya.

Menurutnya hal ini dipicu oleh kesan publik yang mengharuskannya tampil kurus dan ideal. Apalagi ia juga kerap dibandingkan dengan bintang lainnya yang seumuran seperti Selena Gomez atau Miley Cyrus.

  • Putri Diana

Ibu dari Pangeran William dan Pangeran Harry ini memang menderita bulimia sejak memasuki pernikahannya. Perasaan depresi akan kondisi pernikahannya dan perasaan tidak percaya diri karena takut dianggap gemuk oleh suaminya saat itu, Pangeran Charles, adalah penyebab utamanya.

Ia bisa makan 4 sampai 5 kali sehari untuk mendapatkan perasaan nyaman dan kemudian memuntahkannya kembali. Tak banyak yang menyadari saat itu namun ia menderita gangguan ini selama hampir 10 tahun lamanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/23/112541720/5-selebritas-wanita-yang-pernah-mengidap-eating-disorder

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke