Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menggunakan Bahasa Tubuh untuk Mendapat Kepercayaan Orang Lain

KOMPAS.com - Menumbuhkan rasa percaya terhadap seseorang tidak selalu mengandalkan perkataan secara verbal saja, tetapi juga bisa melalui bahasa tubuh atau nonverbal.

Berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tubuh penting untuk menunjukkan keterbukaan, sehingga orang yang kita ajak berinteraksi merasa lebih nyaman untuk memercayai kita.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut terdapat beberapa cara menggunakan bahasa tubuh agar kita bisa mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

1. Kontak mata

Mempertahankan kontak mata saat seseorang berbicara akan membantu membangun kepercayaan karena hal itu menunjukkan minat mendengarkan yang tulus.

"Dengarkan dengan mata kita," kata Paul Zak, PhD, penulis Trust Factor: The Science of Creating High Performance Companies.

"Hal itu dapat membangun ikatan antarmanusia yang lebih kuat dan membuat kita lebih mudah untuk dipercayai," sambung dia.

2. Memiliki sikap tubuh yang terbuka

Menyilangkan lengan dan kaki identik dengan sikap menutup diri. Tanpa kita sadari sikap itu mengomunikasikan sesuatu yang negatif dan menghalangi terbangunnya kepercayaan.

"Sikap menyilangkan lengan dan kaki dianggap sebagai mekanisme pertahanan," ungkap seorang profesor di Department of Business Education, North Carolina A&T State University, Lisa Gueldenzoph Snyder, PhD.

Maka, pastikan sikap tubuh kita terlihat terbuka untuk mendengarkan pikiran orang lain yang bisa membuat orang memercayai kita.

3. Jangan duduk di belakang meja

Duduk di belakang meja menciptakan penghalang lain yang dapat membuat lawan bicara mempertegas tembok atau batasannya sendiri.

Profesor ilmu linguistik, komunikasi terapan, dan sains di Pennsylvania State University, Abington, Carla Chamberlin-Quinlisk, PhD mengatakan, duduk di meja bersama murid-muridnya mendorong mereka untuk lebih vokal selama di kelas.

"Saya ingin mereka memberi tahu saya jika ada sesuatu yang tidak mereka pahami. Saya ingin mereka mengatakan jika mereka tidak setuju dengan saya," ujarnya.

Jadi, cobalah untuk tidak memiliki penghalang besar dan gunakan cara-cara cerdas ini agar atasan dapat memercayai kita.

4. Memberikan sentuhan dengan tepat

Menyentuh tangan teman dengan ringan dapat menunjukkan dukungan kita terhadap orang tersebut.

"Jika kita meminta maaf tetapi tidak memiliki bahasa tubuh, hanya ada sedikit makna yang melekat padanya," kata Gueldenzoph Snyder.

Selain itu, sentuhan di siku atau bahu juga dapat mengkomunikasikan lebih banyak empati daripada hanya mengatakan permintaan maaf saja.

Meski begitu, dia menyarankan, agar kita tidak memakai taktik ini di tempat kerja yang bahkan sentuhan kasual pun dapat disalahartikan.

5. Tersenyumlah dan mengangguk

Tersenyum dan mengangguk saat seseorang berbicara menunjukkan bahwa kita sedang mendengarkan dia.

Ini juga menandakan kita tertarik dengan apa yang dikatakan orang tersebut.

"Sikap tersebut adalah indikator yang sangat bagus untuk mendengarkan ketika kita memberikan umpan balik nonverbal yang baik," jelas Chamberlin-Quinlisk.

Hanya saja, jangan melakukan reaksi positif secara berlebihan karena akan membuat kita tampak kurang tulus.

6. Membuka telapak tangan

Jika kita membuka telapak tangan, orang-orang pada gilirannya akan lebih terbuka kepada kita.

"Menutup jari atau telapak tangan bukan sikap terbuka dan menjauhkan seseorang dari rasa percaya terhadap kita," ungkap Gueldenzoph Snyder.

7. Duduk sejajar dengan orang lain

Duduk di kursi yang lebih tinggi dari orang lain menunjukkan dominasi dan keinginan untuk terlihat lebih kuat dari yang lain.

Hal tersebut tidak terlalu baik jika kita sedang mencoba membangun kepercayaan kepada seseorang.

8. Batasi mencatat

Terkadang catatan diperlukan saat kita sedang berbicara dengan rekan kerja, tetapi pastikan semua catatan itu tidak menghalangi kontak mata.

Jika kita terus-menerus menuliskan apa yang orang lain katakan, orang tersebut bisa mulai merasa minder.

"Memiliki papan klip dan membuat catatan membuat orang lain merasa tidak nyaman," kata  Chamberlin-Quinlisk.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/23/183312220/cara-menggunakan-bahasa-tubuh-untuk-mendapat-kepercayaan-orang-lain

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke