Salin Artikel

Kenali Makna Rating Red Band pada Trailer Film

KOMPAS.com - Red band trailer, seperti pada film The Suicide Squad yang belum lama ini beredar, kerap menampilkan kekerasan, adegan seksual dan kata-kata kasar.

Trailer jenis ini biasanya dipakai sebagai konten promosi sebuah film dengan rating R. Rating tersebut kerap menayangkan film dengan materi serupa yang sarat akan kekerasan dan hal negatif lainnya yang harus dijauhkan dari anak.

Mudah sekali untuk mengenalinya karena biasanya video singkat ini akan diawali dengan latar berwarna merah. Penggunaan warnanya dipakai sebagai peringatan akan materi video yang akan ditayangkan.

Sebelumnya red band trailer relatif sulit ditemukan, jika pun ada hanya ditayangkan di kalangan terbatas. Biasanya ada batasan usia yang ditetapkan bagi siapa saja yang ingin menyimak video pratinjau ini.

Pengguna berusia 17 tahun

Mengacu pada laporan tahun 2019 dari Federal Trade Commission, Motion Picture Association of America (MPAA), asosiasi yang membawahi industri film Hollywood, penayangan red band trailer pada situs yang hanya bisa diakses pengguna di atas usia 17 tahun.

Selain itu, regulasi ini juga menetapkan jika materinya tidak boleh berisi kekerasan ekstrem termasuk pemenggalan atau pemotongan yang mencolok dan luka atau penyiksaan yang ekstrem.

Aturan ini sebenarnya juga mudah dilanggar karena verifikasi usia biasanya tidak sulit dan hanya perlu satu klik saja. Selain itu, banyak pula situs dewasa yang tidak menerapkan batasan usia.

Namun dengan perkembangan dunia internet dan media sosial, trailer dewasa ini jadi jauh lebih mudah diakses. Setiap orang termasuk anak-anak bisa menemukannya di You Tube atau dibagikan secara bebas di Instagram maupun Twitter.

Selain itu, produsen film kini juga semakin sering merilis trailer dengan latar merah ini. Sejumlah film superhero yang identik ramah untuk semua umur, juga mulai semakin sering merilis red band trailer.

Makin berani

Tren ini sebenarnya seiring dengan perkembangan dunia perfilman yang makin berani mengeksplorasi tema cerita. Film tentang pahlawan super yang kerap menggambarkan konfliknya hitam putih kini kerap mengusung tema anti hero.

Film seperti inilah yang biasanya dipromosikan lewat red band trailer seperti The Suicide Squad dan Deadpool.

Video promosi ini juga dianggap lebih efektif untuk menarik perhatian konsumen.

Pelaku industri film menilai trailer dewasa ini menyajikan potongan film yang lebih akurat daripada trailer untuk semua umur. Selain itu, candaan kasar, kekerasan dan adegan seksual yang ditampilkan terbukti jadi promosi efektif.

Media New York Times juga pernah melaporkan jika jumlah red band trailer meningkat dengan cukup drastis.

Pada periode 2000 sampai 2006 hanya ada 30 trailer dewasa. Sementara untuk tahun 2009 saja jumlahnya naik menjadi 76 video.

Karena itulah maka orang tua sebaiknya lebih memperhatikan materi hiburan yang dinikmati anak. Sampaikan pada anak jika hal itu sebaiknya dihindari sampai mereka berada di usia yang tepat.

Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan fitur yang disediakan seperti Mode Terbatas You Tube. Media sosial termasuk You Tube menayangkan konten berdasarkan riwayat penayangan dan penelusuran karena itu paparan konten dewasa bisa dihindari.

Selain itu, pelajari lebih lanjut soal cerita film tersebut dan materi apa saja yang mungkin ditayangan. Dengan demikian, orang tua dapat memberikan arahan yang tepat bagi anak.

  

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/28/134510120/kenali-makna-rating-red-band-pada-trailer-film

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.