Salin Artikel

Waspada Kamera Tersembunyi di Toilet, Begini Cara Mendeteksinya

KOMPAS.com - Kasus penggunaan kamera tersembunyi di toilet atau sejumlah area pribadi masih saja terjadi. Lakukan sejumlah pencegahan untuk memastikan tak jadi korban aksi oknum nakal ini.

Saat ini semakin banyak titik yang dipasangi kamera dengan alasan keamanan. Namun penggunaannya dibatasi di sejumlah lokasi publik.

Meski demikian banyak pihak tak bertanggungjawab yang menyelahgunaan teknologi visual ini. Kamera biasanya dipasang di toilet, kamar ganti atau kamar tidur penginapan atau hotel.

Hal ini tentu saja sangat mengganggu karena mengganggu ranah privasi dan memunculkan perasaan dikuntit. Selain itu, ada kemungkinan video yang merekam tubuh kita ini kemudian disalahgunakan dan disebarluaskan.

TJ McCue, founder Refine Digital mengatakan jika kamera tersembunyi makin sering ditempatkan di berbagai lokasi. Ia membagikan sejumlah cara untuk mendeteksinya seperti dikutip dari Forbes pada Minggu (28/03/2021) antara lain:

  • Observasi sekitar

Perhatikan lokasi sekitar kita untuk mengetahui apakah ada hal yang aneh atau tidak biasa. Misalnya saja rak yang bergeser atau cermin kamar mandi yang digantung dengan posisi aneh.

Laporan Reolink, salah satu perusahaan penyedia kamera keamanan menyebutkan ada beberapa titik yang sering dipakai. Beberapa diantaranya yakni detektor asap, wall decor, gantungan baju, kotak tisu dan masih banyak lainnya.

Perhatikan berbagai ornamen yang ada di dalam toilet untuk memastikan tidak ada kemara yang dipasang.

  • Matikan lampu

McCue juga menyarankan untuk memastikan lampu di ruangan dan gunakan senter ponsel untuk meninjau ruangan. Lensa kamera memantulkan cahaya meskipun berukuran kecil.

Karena itu sinar dari ponsel akan menghasilkan pantulan cahaya dari kamera tersembunyi. Ruangan yang gelap akan memudahkan kita untuk menangkap pantulan itu.

  • Gunakan aplikasi

Sekarang ada beberapa aplikasi yang bisa dipakai untuk mengetahui kamera tersembunyi yang ada di sekitar kita. McCue menyarankan untuk memakai aplikasi Fing yang cocok untuk iOS maupun android.

Meski demikian, cara ini tidak selalu efektif karena ada beberapa jenis kamera yang tidak bisa terdeteksi lewat jaringan.

  • Lepaskan perangkat yang mencurigakan

Cara selanjutnya untuk memastikan diri tetap aman adalah dengan melepaskan atau mencabut semua perangkat yang mencurigakan. Pindahkan juga posisi semua perabotan di dalam toilet yang dianggap meragukan.

Tutupi dengan handuk, tas atau apapuang yang bisa dipakai. Jika memungkinkan letakkan perlengkapan tersebut ke dalam laci atau area yang tertutup.

  • Beli perangkat pencari kamera profesional

Jika merasa terancam atau curiga dengan toilet yang biasa dikunjungi, tak ada salahnya menyisihkan dana untuk membeli perangkat pencari kamera profesional.

Sejumlah e-commerce kini sudah menyediakannya dan bisa dibeli dengan mudah. Gunakan keyword "detektor sinyal RF" untuk menemukan beberapa produk yang direkomendasikan.

Bisa juga mencari berbagai pilihan dengan mencari sejumlah review dari kenalan atau internet.

Produk ini biasanya memang tidak dibeli olah kalangan umum namun dengan semakin maraknya kasus kamera tersembunyi agaknya bukan hal yang buruk untuk membelinya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/28/150000120/waspada-kamera-tersembunyi-di-toilet-begini-cara-mendeteksinya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.