Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Setelah Sepeda, Kini Golf Jadi Olahraga Pilihan Kaum Urban

KOMPAS.com - Golf kerap diidentikkan sebagai olahraga yang mahal dan hanya bisa dinikmati segelintir orang. Wajar saja, sebab selama ini yang bermain golf rata-rata adalah kelompok mapan seperti pejabat atau pebisnis.

Rupanya, di tahun ini golf mulai dipilih oleh masyarakat sebagai alternatif untuk menjaga kesehatan sekaligus berolahraga dengan aman selama pandemi.

Olahraga golf seolah-olah menggusur demam sepeda sepanjang tahun 2020 lalu.

Golf terbilang memiliki risiko yang rendah untuk terpapar virus, karena dengan ukuran lapangan golf yang luas, seseorang bisa menjaga jarak aman dari orang lain.

Mungkin, itulah alasannya mengapa golf menjadi olahraga yang diminati masyarakat saat ini, khususnya kaum urban.

Mifto Hadi, General Manager driving range Bukit Darmo Golf Surabaya menjelaskan fenomena tersebut.

"Pendatang baru didominasi para anak muda yang rata-rata usianya 15-23 tahun. Jadi antara SMA sampai kuliah," kata Mifto, seperti dikutip dari Tribunjatimwiki.com.

Peningkatan orang muda yang tertarik untuk bermain golf sudah terlihat sejak Juli 2020, menurut Mifto. Bahkan angka anak muda yang bermain golf di driving range Bukit Darmo Golf Surabaya mencapai 10 persen.

"Sebelum pandemi golfer milenial ini tidak ada, kebanyakan dari kalangan bisnis. Tapi pandemi memunculkan golfer baru yang totalnya bisa mencapai 10 persen dari keseluruhan golfer di sini," sambung dia.

Selebritas yang gemar main golf

Meroketnya popularitas golf di kalangan orang muda mungkin tak lepas dari banyaknya pesohor yang kini menggandrungi olahraga golf.

Aktor Gading Marten --misalnya, sudah membagikan banyak foto di akun Instagram-nya yang memperlihatkan ia memegang tongkat golf.

Di foto itu, dia mengenakan kemeja biru bermotif dan celana panjang putih. Ia menyempurnakan tampilannya dengan topi putih cerah dan sepatu biru tua. Gading diketahui menekuni olahraga golf sejak awal September tahun lalu.

Selain bermain golf, pria berusia 38 tahun tersebut menjalani hobi lain seperti traveling, bersepeda mengendarai moge, mobil sporty, dan melakukan kegiatan outdoor lainnya.

Presenter Ananda Rusdiana, atau kerap disapa Omesh, juga menunjukkan kegemarannya bermain golf dalam akun Instagram pribadinya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/30/132613420/setelah-sepeda-kini-golf-jadi-olahraga-pilihan-kaum-urban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke