Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rumah yang Berantakan Pengaruhi Kualitas Tidur

KOMPAS.com - Menunda pekerjaan bersih-bersih akan membuat rumah tampak berantakan. Namun ada dampak yang lebih serius ketimbang itu.

Rumah yang berantakan bisa membuat kita mengalami gangguan tidur, menurut survei yang dilakukan perusahaan produk terapi tidur CPAP.

Dalam survei tersebut, sebanyak 1.000 orang diberi pertanyaan seputar kebiasaan bersih-bersih yang memengaruhi kualitas tidur.

Hanya sekitar 26 persen orang yang terbiasa membiarkan rumah berantakan mengaku merasa puas dengan tidur mereka.

Sementara itu, orang yang menjaga rumah tetap bersih memiliki kemungkinan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dua kali lipat.

Stres yang disebabkan oleh rumah yang berantakan disinyalir menjadi penyebab beberapa gangguan tidur.

Mayoritas responden yang disurvei mengatakan, mereka merasa cemas ketika rumah mereka tidak dalam kondisi rapi.

"Ruang yang bersih memberi tahu pikiran kita bahwa kita tidak perlu khawatir dan dapat tidur nyenyak dengan damai," kata Christine Lawler, pakar tidur di The Peaceful Sleeper.

Saat kita berada di tempat yang berantakan, maka segala hal menjadi kacau dan otak kita lebih sulit untuk beristirahat, menurut Lawler.

"Otak akan menghasilkan bahan kimia untuk membuat kita tetap terjaga jika kita dikelilingi oleh kekacauan."

Agar kamar tidur bisa menjadi tempat beristirahat yang ideal, Lawler menyarankan untuk berfokus pada area di sekitar tempat tidur.

"Hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah merapikan meja di samping tempat tidur, lantai, dan furnitur apa pun yang ada di dekat tempat tidur," sebut Lawler.

Selain membersihkan barang-barang yang berantakan, tugas rumah tangga lain seperti mencuci seprai dan merapikan tempat tidur juga bisa membantu kita beristirahat dengan lebih baik.

Setidaknya, tempat tidur yang bersih dan rapi akan membuat kita merasa lebih tenang dan terkendali. Otak juga akan mengaitkan tempat tidur dengan ketenangan, kata Lawler.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/30/203330320/rumah-yang-berantakan-pengaruhi-kualitas-tidur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke