Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kondom Beraroma Berpotensi Ganggu Kadar pH Vagina

KOMPAS.com - Kondom beraroma disarankan hanya dipakai pasangan saat melakukan oral seks. Pasalnya produk ini mengandung gula yang dapat mengganggu kadar pH vagina perempuan.

Kondom berbagai rasa dapat menambah kenikmatan saat berhubungan seksual. Kini tersedia berbagai rasa di pasaran termasuk rasa mie goreng, cimol dan kopi susu yang belum lama ini dirilis.

Untuk diketahui, flavored condom diproduksi dengan menambahkan rasa di permukaannya sebagai keunggulannya. Rasa ini didapatkan dengan tambahan gula sebagai bahan baku utamanya.

Selain itu, adapula perasa tambahan yang diformulasikan secara kimia untuk mendapatkan citarasa tersebut. Gula ini, baik alami maupun buatan, tidak baik jika berada di dalam vagina.

Karena itulah penggunaan kondom beraroma tidak direkomendasikan untuk penetrasi vagina. Pasalnya ini dapat mengganggu keseimbangan pH vagina sehingga menyebabkan infeksi jamur dan vaginosis bakterial.

Frisco Institute for Reproductive Medicine and Maria Sophocles menyatakan jika kadar pH vagina yang sehat 3,8 sampai 4,5.

Kadar pH 7 dianggap sebagai sesuatu yang netral, sedangkan di bawah 7 dianggap asam dan di atasnya dikategorikan basa.

Tiffany Gaines, CEO Lovability, perusahaan yang memproduksi kondom di Amerika Serikat mengatakan ia tidak menyarankan flavored condom selain untuk oral seks.

"Kami mendorong pelanggan kami untuk memilih kondom tanpa rasa dan tanpa pewangi dengan sesedikit mungkin bahan tambahan," ujarnya seperti dilansir dari Bustle pada Rabu (31/03/2021).

Selain itu, bahan kimia itu juga bisa berbahaya dan mengiritasi dinding vagina. Biasanya ini ditandai dengan rasa gatal dan terbakar di organ intim itu.

Kondisi ini juga membuat seseorang lebih rentan terkena Infeksi Menular Seksual (IMS) seperti uretritis, herpes genital, dan granuloma.

Meski demikian, Gaines juga menegaskan jika kondom beraroma tetap bisa dipakai jika tidak ada pilihan lain. Alasannya, tidak memakai pengaman saat berhubungan seksual bisa mendatangkan berbagai kemungkinan yang jauh lebih buruk.

"Sangat penting untuk dicatat bahwa kondom beraroma masih benar-benar lebih aman daripada tidak ada kondom sama sekali," ujarnya.

Karena itu, ia juga menyarankan untuk memiliki persediaan dua jenis kondom yakni yang memiliki rasa dan tidak. Dengan demikian, penggunaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan meminimalisasi risiko yang muncul.

Jika tertarik untuk menjajal kondom bearoma, dianjurkan pula untuk membeli produk dari brand ternama. Produk dari brand ternama paling dinilai jauh lebih aman sebagai alat pelindungan seksual termasuk ketika dipakai tidak sesuai peruntukkannya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/31/090619620/kondom-beraroma-berpotensi-ganggu-kadar-ph-vagina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke