Salin Artikel

Nike Menangi Gugatan atas Sepatu Setan, tetapi Telanjur Sold Out

KOMPAS.com - Gugatan yang dibuat Nike atas "Satan Shoes" yang dirancang MSCHF sudah mencapai titik terang.

Setidaknya, untuk saat ini gugatan tersebut dimenangi oleh perusahaan perlengkapan olahraga berlogo Swoosh tersebut, seperti dilansir The Business of Fashion.

Rapper yang terlibat dalam pembuatan Satan Shoes --Lil Nas X, juga sudah mengonfirmasi hal itu di akun Twitter miliknya.

Walau demikian, sepatu kontroversial dengan harga 1.018 dollar AS atau sekitar Rp 14 juta itu sudah terjual habis.

Pada tanggal 1 April, tiga hari setelah gugatan awal diajukan, Hakim Distrik AS Eric Komitee menyetujui keluhan Nike bahwa MSCHF x Lil Nas X Satan Shoes melanggar merek dagang Nike.

Lil Nas X bukan tergugat dalam kasus ini, tetapi keputusan pengadilan memerintahkan agar MSCHF menahan peluncuran produk Satan Shoes sementara waktu.

Pada 28 Maret, Lil Nas X mengeluarkan video permintaan maaf satire terkait kontroversi Satan Shoes. Keesokan harinya, sepatu ini dijual di situs resmi MSCHF.

Satan Shoes yang digarap MSCHF dan berisi darah manusia itu seolah-olah menjadi pelengkap untuk video musik baru Lil Nas X bertajuk "Montero".

Dalam video tersebut, terlihat Lil Nas X turun dari surga menggunakan tiang dan menuju neraka untuk memberikan lap dance atau tarian kepada iblis.

Sebelum merilis Satan Shoes, perusahaan seni asal Brooklyn itu sudah menimbulkan kontroversi sejak merilis kaus patchwork "Impossible" dan sepatu sandal "Birkinstock" 76.000 dollar AS (sekitar Rp 1,1 miliar).

"Nike mengajukan pelanggaran merek dagang dan keluhan terhadap MSCHF terkait Satan Shoes," kata Nike kepada CBS News dalam sebuah pernyataan.

"Kami dapat memberikan informasi bahwa kami tidak memiliki hubungan dengan Lil Nas X atau MSCHF."

"Satan Shoes diproduksi tanpa persetujuan atau otorisasi Nike, dan Nike sama sekali tidak terkait proyek ini."

Akan tetapi, MSCHF selaku pihak yang tergugat mengaku keberatan dengan Nike.

"Kami benar-benar terkejut dengan tindakan yang diambil Nike, dan setelah penasihat Nike mengirimkan pemberitahuan kepada kami, kami menghubungi tetapi tidak ada tanggapan."

Demikian menurut MSCHF dalam pernyataan publik.

"Lebih dari setahun yang lalu kami merilis Jesus Shoes. Sebagai karya seni, Jesus Shoes menggabungkan budaya kolaborasi selebritas ke dalam lini objek seni edisi terbatas."

"Perilisan Satan Shoes minggu lalu yang bekerja sama dengan Lil Nas X tidak berbeda."

Pengacara perusahaan MSCHF berargumen, Satan Shoes --sama seperti Jesus Shoes-- adalah seni dan bukan sekadar sneaker.

Karena itulah, menurut sang pengacara, orang-orang yang membeli Satan Shoes juga tidak akan menganggap bahwa sepatu itu ada kaitannya dengan Nike.

Pengacara MSCHF juga menyebutkan, sebagian besar sneaker sudah dikirimkan ke pembeli, dan perintah penghentian produksi Satan Shoes tidak dapat dipenuhi oleh MSCHF.

Namun, pengacara Nike membantah hal itu.

Seperti dilaporkan CBS, pengacara Nike meragukan bahwa sebanyak 665 pasang Satan Shoes sudah dikirimkan ke pembeli hanya dalam beberapa hari.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/03/111813720/nike-menangi-gugatan-atas-sepatu-setan-tetapi-telanjur-sold-out

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.