Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilihan Makan Sehat yang Tak 'Ribet' untuk Sahur dan Buka Puasa

KOMPAS.com - Menyusun menu dan menyiapkan makanan untuk berbuka maupun sahur menjadi kesenangan tersendiri bagi beberapa orang.

Tapi, jangan sampai asal memilih makanan. Nutrisi dari makanan sangat penting untuk menunjang kesehatan agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Saat sahur disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lebih lambat dicerna supaya energi tubuh tetap terjaga sepanjang hari.

Jangan sampai melewatkan sahur karena lebih mungkin merasa lapar di siang hari dan tergoda untuk membatalkan puasa.

Konsumsi makanan dalam jumlah sedang saat sahur. Selain itu, pilihlah makanan yang kaya tinggi cairan dan serat.

Jenis makanan ini dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan dan membuat perut kenyang. Berikut pilihan makanan untuk sahur.

1. Oatmeal

Makanan yang satu ini mengandung cairan dan karbohidrat sehingga memberi energi yang cukup untuk berpuasa. Tambahkan biji-bijian, buah-buahan, atau karbohidrat ekstra ke oatmeal.

2. Sereal

Sereal berserat tinggi juga bisa menjadi pilihan saat sahur. Tambahkan susu yang mengandung kalsium dan vitamin B. Bisa juga tambahkan yoghurt dan buah-buahan untuk dikonsumsi bersama sereal.

3. Puding nasi

Bagi beberapa orang, kurang lengkap bila sahur tanpa nasi. Sebagai alternatif, cobalah mengonsumsi puding nasi yang ditambahkan buah. Hindari makanan bercita rasa asin karena bisa memicu haus saat berpuasa.

4. Roti

Pilihlah roti dari biji-bijian utuh sebagai menu sahur. Contohnya roti gandum yang tinggi serat. Tapi jangan makan roti dengan sesuatu yang asin seperti keju atau irisan daging.

Sebaliknya, pilihlah olesan tanpa garam agar tidak memicu rasa haus saat berpuasa.

Makanan berbuka

Siapkanlah menu makanan yang bisa kembali mengembalikan energi tubuh setelah seharian berpuasa. Penting untuk minum banyak air serta makanan rendah lemak dan kaya cairan yang mengandung gula alami.

Berikut adalah contoh makanan sehat untuk buka puasa.

1. Kurma

Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk berbuka puasa dengan makan kurma sesuai ajaran Nabi Muhammad.

Kurma memiliki gula alami yang dapat memberikan energi. Selain itu, kurma juga mengandung mineral yakni kalium dan serat.

Pilihan lain untuk berbuka puasa adalah jus buah, smoothie, atau mungkin hanya sekadar air putih.

2. Buah

Buah-buahan mengandung manis alami dan kaya nutrisi sehingga cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa.

3. Nasi

Sama seperti sahur, sebagian orang merasa kurang lengkap jika berbuka puasa tanpa nasi. Bila ingin tetap makan nasi, pilih nasi merah. Nasi jenis ini termasuk karbohidrat kompleks yang dicerna lebih lambat dan memberi energi berkelanjutan yang dibutuhkan tubuh.

4. Sup

Makanan berkuah seperti sup atau soto juga bisa menjadi pilihan untuk berbuka. Selain kaya akan cairan, sup juga memberikan nutrisi yang cukup dan membuat kenyang.

5. Daging tanpa lemak

Sebagai sumber protein yang lengkap, daging adalah bahan makanan yang bernutrisi untuk tubuh. Kita juga bisa memilih daging tanpa lemak, daging unggas tanpa kulit, atau mengganti sumber protein lain yang lebih murah seperti telur atau ikan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/13/112121220/pilihan-makan-sehat-yang-tak-ribet-untuk-sahur-dan-buka-puasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke