Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa Lewat Nutrisi

KOMPAS.com – Menjalankan ibadah puasa di masa pandemi berarti kita harus lebih ekstra menjaga kesehatan. Menu sarat nutrisi harus menjadi bagian dari pola makan saat sahur dan berbuka.

Pola makan yang dianjurkan adalah dengan panduan isi piringku, yakni membagi piring menjadi dua bagian.

Setengah piring berisi nasi dan lauk-pauk, yang terdiri dari karbohidrat 2/3 dan sisanya lauk-pauk atau protein. Kemudian setengah isi piring diisi dengan sayur dan buah.

“Isi piringku juga tetap dipakai saat puasa, saat sahur dan berbuka,” kata dokter spesialis gizi klinis Luciana B.Sutanto SpGK dalam acara Live Instagram Happy at Home with Hometown (10/4/21).

Selain itu kita bisa menambah asupan nutrisi dengan konsumsi segelas susu.

“Selain mengandung protein hewani, susu juga mengandung zat gizi lain seperti karbohidrat, lemak, laktosa, vitamin dan mineral. Susu dapat diminum 2 gelas per hari untuk melengkapi kebutuhan tubuh akan berbagai gizi,” kata Luciana.

Dia menambahkan, saat puasa susu dapat dimanfaatkan sebagai salah satu pilihan sehat takjil.

“Susu dapat diminum sendiri atau dicampur makanan. Bukan hanya di saat berbuka puasa, saat sahur juga kita bisa minum susu” kata Luciana

Dia menambahkan, susu bisa dikonsumsi langsung atau pun diolah dengan bahan makanan lain.

“Umumnya saat ini kita membeli susu kemasan. Jangan lupa lihat tanggal expired-nya, fakta gizinya, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan,” ujarnya.

Sepanjang bulan Ramadhan 2021 susu Hometown Dairy akan mengadakan empat sesi talkshow yang bertujuan untuk edukasi keluarga di rumah tetap happy menjalankan aktivitas.

Happy at Home with Hometown akan diadakan setiap Sabtu jam 11.00 dan dapat disaksikan di Instagram Live @hometowndairy.id.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/13/205023220/jaga-daya-tahan-tubuh-saat-puasa-lewat-nutrisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke