Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bvlgari Rilis Jam Tangan Perpetual Calendar Tertipis di Dunia

KOMPAS.com - Salah satu kisah menarik dalam dunia jam tangan adalah transformasi Bvlgari dari pembuat perhiasan mewah dan hanya membuat arloji sebagai produk sampingan, menjadi salah satu pembuat jam tangan paling rumit secara teknis di dunia.

Secara khusus, brand asal Roma, Italia itu bahkan menjadi ahli dalam pembuatan jam tangan ultra-tipis, salah satu genre yang paling menantang di bidang ini.

Bila pembuatan jam mekanik biasa saja membutuhkan ketrampilan luar biasa, maka pembuatan jam ultra-tipis memiliki tingkat kesulitan berkali lipat, sehingga mereka yang berhasil akan dianggap master.

Rekor terbaru ini dicetak oleh jam tangan Octo Finissimo Perpetual Calendar yang tebalnya hanya 5,80 mm, dengan mesin jam kaliber BVL 305 setebal 2,75 mm. Di dalam jam setipis itu ada tidak kurang dari 408 komponen penyusunnya!

Perpetual Calendar adalah jam tangan yang bisa menunjukkan kalender tanpa salah dengan mengoreksi dirinya sendiri secara otomatis pada akhir bulan 30 hari, dan juga pada akhir Februari, bahkan dalam tahun kabisat.

Mekanisme tersebut mengidentifikasi panjang bulan dan tahun kabisat yang berbeda secara otomatis dan akan berfungsi hingga Februari 2100 tanpa perlu koreksi apa pun.

Bayangkan kesulitan membuat mesinnya yang bekerja secara mekanik tanpa aplikasi atau sistem komputer.

Rekor baru

Ada sejumlah perbedaan teknis antara kedua jam tangan - salah satu yang terpenting adalah AP menggunakan sistem winding otomatis full-rotor, sedangkan Bvlgari menggunakan sistem mikro-rotor seperti pada jam tangan otomatis Octo Finissimo lain.

Fitur menarik lainnya dari Octo Finissimo Perpetual Calendar adalah penggunaan tampilan tanggal retrograde.

Direktur desain Bvlgari, Fabrizio Buonamassa Stigliani, menjelaskan bahwa ide aslinya adalah untuk memiliki tampilan tanggal besar, tetapi dibatalkan karena akan membuat ukuran mesin lebih tebal.

"Selain itu dari perspektif desain, ternyata tampilan tanggal retrograde terasa jauh lebih cocok secara keseluruhan untuk Octo Finissimo," ujarnya dalam konferensi virtual pada Rabu (31/3/2021).

Sedangkan bagian depan jam yang berdiameter 40 mm terlihat jarum jam dan menit di tengah, penanggalan retrograde di paruh atas, penunjuk bulan antara pukul 4 dan 5, penunjuk hari antara pukul 7 dan 8, serta tahun kabisat pada pukul 6.

Keindahan yang berpadu dengan fungsi inilah yang diebut Bvlgari sebagai  L'Estetica della Meccanica.

Jam tangan baru ini diluncurkan dengan casing titanium dan juga platinum. Bila titanium sudah sering dipakai dalam seri sebelumnya, maka ini pertama kalinya Bvlgari memakai platinum pada Octo Finissimo.

Platinum belum pernah dipakai dalam jam tangan Octo Finissimo karena desain arloji ini cukup modern dan titanium dianggap paling cocok.

Casing platinum sendiri dipilih untuk Octo Finissimo Perpetual Calendar dengan dial biru dan gelang kulit aligator yang memberi kesan mewah.

Kedua jam dengan ketahanan water resistant hingga 30 meter ini tersedia dengan harga 59.000 dollar AS atau sekitar Rp 859 juta untuk versi titanium dan 89.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,3 miliar untuk bahan platinum.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/16/173000620/bvlgari-rilis-jam-tangan-perpetual-calendar-tertipis-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke