Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Pilihan Desain yang Bikin Rumah Mudah Dibersihkan

KOMPAS.com - Dalam merancang dan mendekorasi rumah tentu kita akan memilih agar sesuai dengan selera atau gaya yang kita sukai.

Tetapi, saat menentukan dekorasi sesuai dengan gaya yang kita mau, sebaiknya perlu juga mempertimbangkan rancangan yang tepat agar setiap ruangan mudah dibersihkan.

Nah, berikut adalah beberapa pilihan dekorasi untuk membuat rutinitas pembersihan rumah menjadi lebih cepat dan mudah, seperti yang dilansir dari Real Simple.

1. Pilih furnitur yang berkaki tinggi

Saat berbelanja sofa, meja, rak, atau furnitur lainnya, carilah jenis furnitur yang memiliki kaki yang tinggi.

Lebih baik lagi, pilihlah jenis furnitur seperti lemari yang menempel langsung ke dinding dan melayang dari tanah.

Dengan cara ini, kita dapat dengan mudah menyedot atau menyapu bagian bawahnya.

Untuk rutinitas pembersihan yang lebih ringkas, kita bisa menggunakan penyedot debu robotik yang dapat melakukan semua pembersihan secara cepat.

2. Gunakan cat dinding yang tepat

Jika kita memiliki hewan peliharaan yang atau anak kecil yang cenderung akan mengotori dinding, hindari lapisan cat berwarna matte.

Sebaliknya, pilih cat yang paling halus dan paling berkilau yang akan terlihat bagus. Pada permukaan yang mengilap ini, kotoran biasanya akan lebih mudah dibersihkan.

3. Pilih sofa yang mudah dibersihkan

Ketika sedang mencari sofa, pilihlah yang kulitnya atau lapisan atasnya mudah dibersihkan.

Apabila kita lebih suka sofa kain, carilah yang memiliki perawatan anti noda atau serat mikro tahan noda. Jika tidak, pilih sofa berpelindung, sehingga kita dapat memasukkannya ke dalam mesin cuci setiap kali perlu dibersihkan.

Pertimbangkan juga bahwa warna yang lebih gelap akan menyembunyikan noda  lebih baik, tetapi ini mungkin bukan pilihan terbaik jika kita memiliki hewan peliharaan dengan bulu putih.

4. Hindari rak terbuka

Memilih rak-rak terbuka bergaya elegan terlihat sangat bagus untuk tambahan dekorasi di rumah. Namun, pada kenyataannya, rak terbuka justru menghasilkan lebih banyak debu.

Untuk rutinitas pembersihan yang lebih cepat, gunakan lemari dengan kaca depan, sehingga kita tetap dapat memamerkan barang-barang favorit sambil menjaganya terbebas dari debu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/20/104634120/4-pilihan-desain-yang-bikin-rumah-mudah-dibersihkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke