Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal Soal Shang-Chi, Superhero Asia Pertama dari Marvel Universe

KOMPAS.com - Marvel merilis teaser terbaru filmnya yang berjudul Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Karakter ini bakal menjadi superhero Asia pertama di Marvel Universe.

Kini Marvel Cinematic Universe (MCU) mulai memasuki fase keempat. Salah satu yang paling dinanti kehadirannya ialah film yang dibintangi oleh Simu Liu dan Awkwafina ini.

Karakter ini ditunggu kehadiranya karena menjadi jagoan pertama dari Benua Asia yang tampil di layar lebar. Selain itu, aksinya yang heroik dengan kemampuan beladiri juga patut ditunggu.

Namun, harus diakui karakter Shang-Chi tidak sepopuler Spiderman, khususnya di Indonesia. Masih banyak yang belum mengenal pahlawan super ini termasuk latar belakang dan kemampuannya.

Meskipun teaser yang ditampilkan cukup menjanjikan, masih banyak yang ragu akan bisa menikmati filmnya nanti.

Selain itu banyak pertanyaan yang muncul soal karakter dan plot cerita yang ditampilkan secara singkat lewat video berdurasi dua menit itu.

Agar tak kebingungan lagi, ketahui lima hal soal Shang-Chi, superhero Asia terbaru dari MCU:

  • Awal mula karakter Shang-Chi

Karakter Shang-Chi pertama kali tampil di komik pada tahun 1972. Kala itu bela diri kungfu begitu populer di Amerika Serikat sehingga Marvel memanfaatnnya trennya untuk menghadirkan jagoan baru.

Berbeda dengan aslinya, kali ini latar film terjadi di era modern. Dibuktikan dari teaser film yang menunjukkan Simu Liu berada di lingkungan yang nampak seperti San Fransisco.

Dari narasinya, agaknya Shang-Chi menghabiskan masa kecilnya dalam pelatihan keras untuk menjadi petarung handal yang tak terkalahkan.

Namun ia memutuskan untuk meninggalkan pelatihan brutal itu dan menjalani hidup yang biasa-biasa saja. Terlihat ia sempat menjadi pelayan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

  • Ayah Shang-Chi

Ayah Shang-Chi dalam komik ialah Fu Manchu, gembong kriminal yang berbahaya. Namun karakter ayahnya diubah dalam film menjadi The Mandarin, penjahat asal Asia yang menguasai Ten Rings.

Perubahan ini terpaksa dilakukan karena Marvel tidak memiliki hak atas karakter Fu Manchu. Selain itu, karakter itu juga dianggap terlalu rasis, stereotip yang berisiko untuk ditampilkan saat ini.

Karakter ayah ini akan dimainkan oleh Tony Leung, aktor Hongkong kawakan. Meski belum jelas kisahnya, ia dikatakan juga akan memainkan karakter Wenwu yang diperkirakan menjadi nama lain The Mandarin dalam film ini.

Hal ini merujuk pada perkenalan Leung kepada publik tahun 2019 lalu. Kevin Feige, pimpinan Marvel Studio menyebutkan Tony Leung akan memainkan peran sebagai "the real mandarin".

  • Organisasi Ten Rings

Ten Rings jelas memiliki peran besar dalam plot film ini, sesuai dengan judulnya. Dikutip dari laman Marvel Fandom, Ten Rings mengacu pada sepuluh cincin yang mampu meningkatkan kekuatan penggunanya.

Kemampuan tersebut antara lain mengontrol pikiran orang lain, menyedot cahaya, membekukan benda, dan melepaskan aliran listrik. Kekuatan itu didapatkan dari batu permata yang terpasang di cincin tersebut.

  • Karakter pendukung

Ada banyak karakter pendukung yang ditampilkan dalam teaser. Selain Shang-Chi dan ayahnya, Wenwu, hadir pula adik perempuannya yaitu Xialing.

Aktris Awkwafina akan berperan sebagai Katy, sahabat Shang-Chi yang kemudian terlibat dalam konflik.

Karakter villain juga ditampilkan yaitu Dealth Dealer dan Razor Fist. Death Dealer agaknya memiliki sejarah masa lalu dengan Shang-Chi karena membantu melatihnya ketika masih kanak-kanak. Sedangkan karakter yang lain belum jelas latar belakangnya.

  • Bukan hal baru di MCU

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings mungkin adalah film yang baru akan dirilis tahun ini. Namun unsur dalam film ini tidak sepenuhnya baru dalam dunia MCU.

The Mandarin dan Ten Rings sebelumnya pernah ditampilkan di film Iron Man 3 beberapa tahun silam. Namun kala itu karakter ini hadir sebagai olok-olok dan bukan penjahat sesungguhnya.

Karena itu kehadirannya kali ini sangat dinantikan oleh penggemar. Selain itu, publik juga penasaran bagaimana kisahnya akan diselipkan dalam dunia MCU yang sudah begitu padat khususnya pasca Endgame.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/20/120255320/5-hal-soal-shang-chi-superhero-asia-pertama-dari-marvel-universe

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke