Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Tips Jadikan Kulit "Glowing" Saat Lebaran

KOMPAS.com – Meski Hari Raya Idul Fitri masih beberapa minggu lagi, mempersiapkan kulit bercahaya alami alias glowing tidak bisa didapatkan dalam sehari semalam saja. 

Ada rutinitas yang harus dijalani agar mendapatkan kulit sehat dan bercahaya, mulai dari apa yang kamu makan, pola tidur, apa yang dipakai ke kulit, usia, hingga faktor pikiran. 

Berikut ini adalah 12 tips yang bisa kamu ikuti untuk menjadikan kulit glowing saat Lebaran tiba:

1. Bersihkan secara teratur

Kunci untuk kulit bercahaya adalah membersihkan wajah dengan membuang kotoran, minyak, dan partikel polusi secara menyeluruh yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit kusam.

"Cuci wajah pada pagi dan malam denan pembersih muka sambil memijat wajah menggunakan jari dalam gerakan melingkar," kata Sabina Wizemann, Kimiawan Senior GH Beauty Lab.

2. Eksfoliasi kulit 

“Salah satu cara terbaik untuk mencerahkan kulit dan meningkatkan kilau baik secara langsung maupun jangka panjang adalah dengan eksfoliasi atau pengelupasan,” kata Wizemann.

"Proses ini menghilangkan lapisan luar sel kulit mati sehingga permukaankulit menjadi lebih halus dan bersih serta memantulkan cahaya alami."

Wizemann juga menyarankan untuk mengaplikasikan exfoliant fisik, seperti scrub wajah, dua hingga tiga kali seminggu atau exfoliatior kimiawi, seminggu sekali untuk kulit sensitif atau kering dan maksimal tiga kali untuk jenis kulit lainnya. 

3. Hidrasi dan lindungi kulit

Agar kulit lebih bercahaya, gunakan pelembab. Kulit yang lembap akan memantulkan cahaya, membuatnya langsung tampak lebih glowing.

Selain itu pastikan melindungi kulit dengan tabir surya atau krim yang mengandung SPF 30+ spektrum luas, karena pengelupasan kulit membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari, termasuk munculnya bintik hitam di wajah. 

4. Carilah bahan perawatan kulit yang mencerahkan

Pilih produk perawatan kulit yang mencerahkan dan "meratakan warna kulit", dengan bahan perawatan kulit aktif seperti:

Vitamin C

Danusia Wnek, ahli kimia GH Beauty Lab mengatakan bahwa antioksidan dari vitamin C bisa mencerahkan kulit dapat memblokir enzim yang menghasilkan pigmen.

Niacinamide (vitamin B3) 

Wizemann mengatakan bahwa Niacinamide dapat memperlambat produksi pigmen dan mencerahkan bagian kulit yang terdapat bintik-bintik hitam.

"Resorcinol dan alpha-arbutin memecah pigmen untuk warna kulit yang lebih merata," kata Cynthia Price, M.D., seorang dokter kulit di Phoenix. 

Penggunaan produk pencerah kulit setiap hari dapat mencerahkan kulit kamu dari waktu ke waktu. Efeknya pun dapat terlihat dalam beberapa minggu, dengan hasil optimal dalam waktu sekitar tiga bulan.

5. Melembabkan kulit secara teratur

Jangan hanya sekali-sekali menggunakan pelembap atau bahkan diaplikasikan saat kulit terasa kering saja.

"Kurangnya hidrasi membuat kulit kamu menjadi kusam dan bahkan bisa muncul kerutan," kata Jeanine Downie, M.D., dokter kulit di Image Dermatology di Montclair, New Jersey.

"Gunakan pelembab topikal pagi dan sore hari untuk menghidrasi kulit."

Lalu, pelembap seperti apa yang baik untuk kulit?

"Pengujian kami menunjukkan bahwa lotion dan krim wajah secara umum lebih menghidrasi daripada minyak, serum, dan formula lainnya," jelas Birnur Aral, Ph.D., Direktur GH Beauty Lab.

"Jenis ini berupa emulsi (campuran komponen minyak dan air) yang membawa bahan pelembab ke lapisan atas kulit, membantunya menahan kelembapan."

6. Untuk hasil yang cepat, cobalah gunakan masker wajah

Untuk mengencangkan dan meningkatkan kilau kulit secara instan saat terasa kusam, kamu bisa menggunakan face mask atau masker wajah yang melembapkan dan biarkan meresap ke dalam kulit. 

Kamu juga bisa membuat masker buatan sendiri dari bahan-bahan alami yang menyehatkan.

7. Pijat wajah 

Melakukan pijat tak hanya sekadar bisa merilekskan otot.

"Gerakan memijat dapat meningkatkan sirkulasi dan memberi kulit getaran alami," kata Mona Gohara, M.D., seorang dokter kulit di Yale School of Medicine di New Haven, CT.

"Lakukan beberapa gerakan ke atas dan ke bawah di setiap pipi untuk melihat efeknya.”

8. Gunakan lotion dengan shimmer

Kabar baiknya kamu bisa membuat kulit berkilau dalam hitungan detik dengan produk perawatan kulit dan makeup hybrid yang disebut "glotions".

Ini sebenarnya pelembab yang dilengkapi efek 'highlighter' yang meningkatkan cahaya.

Kamu bisa mengaplikasikannya ke seluruh wajah sebelum menggunakan makeup atau bisa juga menggunakannya di beberapa titik saja seperti bagian atas tulang pipi dan di bawah lengkungan alis.

9. Makan makanan kaya antioksidan

Ya, apa yang kamu makan bisa berdampak pada kilau kulit kamu. Konsumsi anggur, beri, dan kacang-kacangan seperti pecan dan kenari, yang kaya akan polifenol seperti asam ellagic dan resveratrol.

"Penelitian terdahulu telah mengaitkan jenis antioksidan ini dapat membantu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar UV seperti hiperpigmentasi," kata Jaclyn London, MS, RD., mantan Direktur Nutrisi GH. 

10. Hidrasi dari dalam ke luar

"Hidrasi yang tepat berhubungan langsung dengan regenerasi sel kulit," kata London.

Targetkan untuk meminum delapan hingga sepuluh gelas air putih setiap harinya, karena inilah kunci untuk mendapatkan kulit bercahaya.

11. Ketahui kapan harus menghubungi dokter kulit

Untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi kulit yang membandel kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit.

Masalah seperti bintik-bintik hitam yang besar atau banyak, atau melasma akibat paparan sinar matahari tidak mudah untuk dihilangkan sendiri.

Dokter akan merekomendasikan apa yang seharusnya kamu lakukan, entah itu diberikan resep obat atau menjalani beberapa perawatan khusus kulit.

"Ini dapat mencakup pemberian resep produk topikal, perawatan kulit secara medis seperti pengelupasan wajah secara profesional, mikrodermabrasi dan laser, atau kombinasi terapi," kata Pearl E. Grimes, M.D., profesor klinis dermatologi di UCLA di Los Angeles.

“Untuk kerusakan akibat sinar matahari, seperti bintik hitam dan pigmentasi dari bekas jerawat, melakukan laser cahayamenjadi cara yang sangat efektif,” kata Dr. Price.

“Sedangkan prosedur seperti microneedling, bentuk pengelupasan intensif, serta serangkaian pengelupasan kimiawi, paling cocok untuk melasma.”

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/21/144953920/11-tips-jadikan-kulit-glowing-saat-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke