Salin Artikel

5 Penataan Ruang yang Harus Dihindari Menurut Feng Shui

Di dunia modern, feng shui didefinisikan sebagai "kesadaran akan ruang".

Ketika kita bisa menyadari detail di ruang sekitar kita, maka kita bisa terhubung dan menciptakan rumah dengan kondisi yang mendukung.

Salah satu dari banyak cara untuk mulai menerapkan prinsip feng shui ke dalam hidup adalah dengan memperbaiki tata letak dekorasi rumah.

Nah, seorang desainer interior sekaligus ahli feng shui, Anjie Cho mengungkapkan lima penataan ruang yang harus dihindari berdasarkan feng shui.

1. Menghalangi pintu

Dalam feng shui, pintu mewakili suara kita. Pintu juga merupakan cara energi mengalir ke seluruh bagian rumah.

Melihat banyak pintu di rumah yang terhalang dan terkadang tidak bisa dibuka, menjadi hal yang amat mengganggu.

Maka disarankan untuk membersihkan kekacauan tersebut, dengan menyingkirkan furnitur, sehingga dapat mengundang aliran qi (energi gaya hidup) ke dalam ruangan.

2. Tempat tidur "di luar kendali"

Salah satu prinsip terpenting dalam feng shui disebut posisi memerintah, yang menempatkan kita dalam kendali hidup kita.

Dengan demikian, kita dapat bersantai dan melihat peluang datang ke arah kita. Sayangnya, menjadis angat umum tempat tidur diletakkan "di luar kendali".

Untuk memastikan tempat tidur sesuai dengan "perintah", kita cukup dapat melihat pintu tanpa harus langsung sejajar dengannya saat berbaring di tempat tidur.

Kita bisa memperbaiki tempat tidur keluar dari perintah dengan memindahkannya ke sudut ruangan yang mengarah ke pintu.

Jika hal ini tidak memungkinkan karena fitur arsitektural kamar tidur atau kendala ruang, kita dapat meletakkan cermin sebagai alternatif.

Dengan cermin, ketika kita berada di tempat tidur, kita dapat melihat pintu dalam pantulan.

3. Tempat tidur melawan dinding

Bagi orang dewasa, tempat tidur idealnya harus memiliki sandaran kepala yang kokoh pada dinding.

Meskipun mungkin menghemat ruang jika tempat tidur didorong ke dinding, ini menciptakan ketidakseimbangan yin dan yang bagi penghuninya.

Ini juga ideal jika ada ruang untuk sandaran kaki di tempat tidur, sehingga kita memiliki ruang untuk bergerak maju dalam hidup.

4. Meja menghadap ke jendela

Meja mewakili karier dan pekerjaan. Sangat menarik untuk menempatkan meja tepat menghadap ke jendela dengan pemandangan yang indah.

Namun, menurut feng shui, menempatkan meja menghadap ke jendela adalah pilihan yang kurang bagus, karena qi langsung keluar jendela, dan kita menjauh dari pekerjaan.

Dengan kondisi ini, kita mungkin cenderung akan duduk sepanjang hari di meja sambil melamun, daripada berfokus pada tugas yang ada.

Oleh sebab itu, jika kita ingin meletakkan meja di depan jendela, tarik tirai saat bekerja, sehingga aliran qi tetap bersama kita.

5. Meja di kamar tidur

Karena meja adalah simbol karier dan pekerjaan, hal itu membuat keseimbangan kehidupan kerja kita menjadi sangat lemah saat kita memiliki meja utama di kamar tidur.

Kita melihat meja saat akan tidur membuat kita berpikir tentang pekerjaan.

Atau, kita melihat tempat tidur saat sedang bekerja dan itu mungkin membuat kita mengantuk dan ingin istirahat.

Meja di kamar tidur berkontribusi pada ketidakseimbangan ini. Jadi apa yang bisa kita lakukan?

Idealnya kita harus memindahkan meja keluar dari kamar tidur. Namun, dapat dimaklumi, bahwa banyak orang memiliki meja di kamar tidur karena kurangnya ruang.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membuat pemisahan visual. Kita dapat menggunakan tirai, layar, atau bahkan rak buku yang berdiri sendiri sebagai pembatas.

Sebaiknya, matikan komputer dan tutupi dengan kain di penghujung hari kerja, sehingga ada batasan visual di kamar tidur kita.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/22/131600620/5-penataan-ruang-yang-harus-dihindari-menurut-feng-shui

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.