Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Gejala Kista Ovarium, Wanita Perlu Waspada

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan, konsultan onkologi, dr M Yusuf, SpOG (K), Onk menjelaskan, kista adalah timbunan cairan pada satu organ di tubuh.

Semakin lama, cairan ini bisa semakin bertambah.

Pada sistem reproduksi, kata Yusuf, kista paling banyak terjadi di indung telur atau dinamakan kista ovarium.

Tak semua kista berbahaya. Yusuf menjelaskan, wanita perlu khawatir jika muncul kista abnormal karena dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker.

"Itu dikatakan kista cokelat. Dengan adanya kista cokelat, nyeri adalah masalah utama yang dirasakan pasien selain masalah gangguan kesuburan," ujar Yusuf dalam sebuah webinar bertajuk "Wanita Perlu Waspada Kista Ovarium", Kamis (22/4/2021).

"Yang lainnya murni karena peradangan atau secara genetik memiliki potensi mengalami mutasi di dalam sel indung telurnya maka akan memicu pertumbuhan sel kanker apabila ini muncul."

Yusuf menyebut, di Amerika Serikat, muncul sebanyak 239.000 kasus kanker indung telur setiap tahunnya. Kematian yang ditimbulkan dari jumah tersebut mencapai 152.000 atau lebih dari 50 persennya.

Hal ini diakibatkan penemuan sel kanker yang sudah terlambat atau sudah pada stadium lanjut.

"Sudah banyak penyebaran untuk organ-organ di perutnya. Berdasarkan ini, saya mengajak semua untuk lebih peduli terhadap kista ovarium," katanya.

Gejala kista ovarium

Sayangnya, kanker pada organ reproduksi perempuan masih belum bisa dideteksi secara dini, seperti halnya kanker serviks atau payudara.

Hal yang bisa dilakukan adalah menemukan kasus sesegera mungkin dengan merespons gejala yang dirasakan.

"Jadi, lebih merespons setiap keluhan yang ada dan selalu berdiskusi dengan dokter ginekologi yang lebih memahami masalah ini," ucap Yusur.

Meski kanker indung telur belum bisa dideteksi secara dini, kita masih dapat merespons gejala kista ovarium untuk kemudian mengonsultasikannya dengan dokter.

Beberapa gejala Kista ovarium antara lain:

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/22/202109120/kenali-gejala-kista-ovarium-wanita-perlu-waspada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke