Salin Artikel

4 Cara Sehat Konsumsi Oatmeal

KOMPAS.com - Oatmeal atau sereal gandum termasuk makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Contohnya seperti karbohidrat dan serat.

Ada beberapa jenis oatmeal dan semuanya mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun pilihan terbaik adalah oatmeal tanpa pemanis.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari oatmeal, pastikan untuk mengonsumsinya dengan cara tepat dan sehat.

Berikut beberapa cara terbaik untuk mengonsumsi oatmeal seperti dikutip Health.

1. Hindari terlalu banyak gula dan kalori

Bagi beberapa orang, oatmeal mungkin terasa hambar bila tidak diberikan pemanis. Tapi usahakan untuk tidak memberikan gula terlalu banyak.

Tambahkan sedikit sirup maple, kayu manis atau jahe antiinflamasi, dan irisan buah segar ke semangkuk oatmeal hangat agar lebih nikmat untuk disantap.

2. Tambahkan protein

Pilihan lainnya adalah menambahkan kacang-kacangan, biji-bijian, atau selai kacang ke semangkuk oatmeal untuk memenuhi kebutuhan lemak sehat dan protein nabati.

Oatmeal juga bisa disantap dengan sayuran yang telah dicincang atau diparut halus. Bila ingin meningkatkan kandungan protein, tambahkan bubuk protein nabati sebelum oatmeal diseduh dengan air hangat.

3. Cita rasa gurih

Oatmeal juga cocok disandingkan dengan bahan makanan yang rasanya gurih. Caranya adalah tambahkan sayuran yang ditumis atau dipanggang dengan bumbu.

Bisa juga menambahkan telur, kacang-kacangan, lentil, atau tahu untuk protein, dan irisan alpukat atau pesto untuk lemak sehat.

Atau pilihan lainnya adalah memadukan oatmeal dengan mentega, almond, dan kayu manis sebagai topping.

4. Roti

Kamu juga bisa mengkreasikan oatmeal menjadi pancake, kue, roti pisang, atau muffin. Banyak resep untuk oatmeal yang bisa kamu ikuti.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/23/201927120/4-cara-sehat-konsumsi-oatmeal

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.