Salin Artikel

Para Ibu yang Berjaya Meraih Penghargaan Oscar 2021

KOMPAS.com - Aktris Youn Yuh Jung dan sutradara-penulis Emerald Fennell masuk dalam daftar nama peraih penghargaan Oscar 2021.

Keduanya membuktikan status sebagai ibu bukan penghalang mencapai kesuksesan tertinggi bagi para sineas itu.

Dunia begitu tersentuh ketika aktris Youn Yuh Jung berhasil membawa pulang piala Oscar dalam kategori Aktris Pendukung Terbaik untuk perannya sebagai Soon-ja di film Minari.

Betapa tidak, wanita asal Korea Selatan ini sudah memasuki usia ke 73 tahun dan baru pertama kalinya masuk dalam nominasi.

Namun perannya sebagai nenek dalam film Minari begitu memukau para juri sehingga mengganjarnya dengan piala emas tersebut.

Sepanjang sejarah, ia menjadi aktris pertama asal negeri ginseng tersebut yang berhasil meraih Oscar.

Dalam pidato kemenangannya, ia mengucapkan terima kasih atas dukungannya sekaligus menyatakan kebanggaannya atas buah kerja kerasnya itu.

"Terima kasih kepada dua anak laki-laki saya karena membiarkan saya bekerja," ujarnya seperti dikutip dari Vogue.

Sebagai penutup, ia mengacungkan piala sembari berkata dengan bangga, "Inilah hasilnya karena Mommy bekerja sangat keras."

Sejak muda

Kebanggaan Youn Yuh Jung bukannya tanpa alasan. Ia memulai karier dalam usia sangat muda, ketika masih 19 tahun pada 1966 silam.

Sepanjang kariernya, ia sukses tampil dalam banyak film berkualitas sembari membesarkan anak-anaknya. Karier dan keluarga memang selalu jadi isu tersendiri bagi banyak wanita, termasuk di Korea Selatan.

Selama berpuluh tahun, ia membuktikan berhasil menyeimbangkan karier dan keluarganya dengan kerja keras.

Emerald Fennell

Perempuan berstatus ibu lainnya yang mencetak sukses malam itu adalah sutradara sekaligus penulis naskah, Emerald Fennell.

Dalam kehamilan keduanya yang sudah memasuki usia tujuh bulan, ia menerima penghargaan Academy Awards 2021 dalam kategori Best Original Screenplay. 

Buah karyanya dalam film berjudul Promising Young Woman itu menjadikannya perempuan pertama yang meraih kategori ini setelah 13 tahun lamanya.

Semakin istimewa karena ia sedang mengandung anak pertama saat menggarap film pertamanya itu.

Namun kondisi tersebut tak menghalanginya menghasilkan karya yang begitu jempolan.

Fennell juga menyelipkan pesan soal kesulitan sebagai ibu pekerja dalam salah satu wawancaranya.

"Wanita melakukan banyak hal yang lebih sulit, hal yang jauh lebih sulit, daripada menyutradai film ketika mereka sedang hamil tujuh bulan," ujarnya.

Meski demikian, wanita yang juga membintangi serial Netflix The Crown ini tetap bangga atas piala Oscar yang berhasil dibawanya pulang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/26/115630220/para-ibu-yang-berjaya-meraih-penghargaan-oscar-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.