Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terinspirasi Bruce Lee, Seniman Bela Diri China Buat 10 Rekor

KOMPAS.com - Seorang seniman bela diri di China, Xie Desheng yang mengidolakan legenda kung fu Bruce Lee, telah membuat 10 rekor dunia yang tercatat Guinness World Records dalam dua tahun.

Dari semua rekor, hampir seluruhnya, kecuali satu, diraih dengan senjata favoritnya, nunchaku, yang digunakan untuk menyalakan dan memadamkan lilin atau menepis bola ping pong.

Pada bulan Desember lalu, kantor Guinness di Beijing mencatatnya karena dia berhasil memukul 35 bola ping pong dalam satu menit selama pertunjukan live-streaming.

Pria berusia 28 tahun itu sudah terinspirasi oleh bintang film Bruce Lee sejak dia masih remaja.

Dia bahkan membeli sepasang nunchaku dari supermarket pada tahun 2009 dan mulai menonton rekaman film Lee berjam-jam di kafe internet di Chaozhou, kota pesisir di bagian timur Hong Kong.

Belajar secara profesional

Xie akhirnya meninggalkan kampung halamannya di Guangdong untuk menguasai nunchaku dan belajar dari para pemula maupun profesional di lima provinsi berbeda sebelum menetap di Shanghai pada tahun 2016.

Dia mengambil pekerjaan sambilan untuk memenuhi kebutuhan dan berkompetisi di sejumlah turnamen seni bela diri.

Xie sekarang menjadi instruktur seni bela diri yang mengajar anak-anak dan orang dewasa, termasuk anggota Kepolisian Bersenjata Rakyat (People's Armed Police) di Shanghai.

"Saya memiliki banyak penyesalan dalam hidup, tetapi seni bela diri menstimulasi sesuatu di dalam diri yang membuat saya ingin menjadi lebih kuat," katanya kepada Newsweek.

"Saya pernah mengalami pasang surut dan bahkan dijauhi oleh beberapa teman saya. Tapi itu tidak menghentikan saya untuk menjadi seniman bela diri," sambung dia.

Membuat rekor

Pada tahun 2019, Xie melihat kesempatan untuk menguji kemampuannya melalui platform Guinness, di mana peserta dari semua lapisan masyarakat terus-menerus memecahkan rekor dunia.

Di bulan Juni tahun itu, dia pun akhirnya membuat rekor dengan memadamkan 52 lilin dalam satu menit menggunakan nunchaku.

Setelah itu, enam bulan kemudian dia kembali berhasil memadamkan 70 lilin.

Selama 24 bulan terakhir, Xie memulai pencarian tanpa akhir untuk menyempurnakan prestasinya sendiri.

Lima hari setelah tantangan lilin keduanya, dia menciptakan rekor tenis meja pertamanya dengan menepis 32 bola dalam 60 detik menggunakan sepasang nunchaku

Lalu, sembilan bulan kemudian, dia juga berhasil menepis 34 bola, sebelum juri Guinness World Records menyaksikan dia memukul 35 bola ping pong dalam satu menit di Beijing pada Desember lalu.

Sementara itu, Xie terus memikirkan berbagai cara untuk mencetak rekor nunchaku. Prestasi lainnya termasuk membuka 10 tutup botol dalam 34,80 detik, melepaskan 14 kartu remi di antara botol, dan memenangkan 21 pertandingan dalam satu menit.

Satu-satunya rekor yang diraih tanpa nunchaku tercipta pada 31 Oktober tahun lalu, ketika dia menghasilkan tendangan seni bela diri ala Chuck Norris untuk memadamkan 28 lilin.

"Saya ingin membuktikan seni bela diri dengan cara ilmiah dan menantang batasan tubuh manusia," ujarnya.

Prestasinya membuat Xie menerima undangan untuk memamerkan keahliannya di Tembok Besar China di Beijing bulan lalu.

Momen ini dia anggap sebagai puncak karirnya dan bagian dari promosi seni bela diri Tiongkok.

Xie juga mengatakan bahwa kini kung fu telah masuk ke sekolah dan menarik lebih banyak pemuda.

Tren kung fu mulai terlihat dari banyaknya perlombaan pencak silat lokal dan nasional yang diadakan setiap tahun.

Rencana ke depan, dia akan membuat sasana seni bela diri sendiri dan berharap dapat membantu melatih lebih banyak instruktur.

Meski begitu, para penggemar Bruce Lee tentu sepakat bahwa sang legenda tidak terkalahkan dalam bermain nunchaku. 

Sebagai contoh, bila Xie Desheng menepis bola ping pong secara tidak terarah, maka Bruce Lee mampu mengembalikannya ke pemain lain, artinya dia bermain ping pong dengan nunchaku!

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/26/133142420/terinspirasi-bruce-lee-seniman-bela-diri-china-buat-10-rekor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke