Salin Artikel

Termahal, Sneaker Nike Air Yeezy 1 Langka Terjual Rp 26 Miliar

KOMPAS.com - Awal bulan ini, diumumkan bahwa rumah lelang bersejarah Sotheby's akan menjual satu-satunya prototipe sneaker Nike Air Yeezy 1 yang ada.

Sepatu yang pernah dikenakan oleh Kanye West selama penampilannya di ajang Grammy Awards 2008 itu telah terjual dengan nilai termahal di dunia yakni sebesar 1,8 juta dollar AS atau Rp 26 miliar.

Mulanya, sepatu yang sudah diakuisisi oleh perusahaan investasi untuk sneakers, RARES akan dijual dengan estimasi harga 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 14,6 miliar.

Rekor sepatu termahal sebelumnya mencakup Nike "Moon Shoe" yang dijual seharga 437.500 dollar AS atau Rp 6,3 miliar, serta sepasang Air Jordan 1 yang dihargai 560.000 dollar AS atau Rp 8,1 miliar pada Mei 2020.

Sejak saat itu, banyak sepasang AJ1 terjual hampir satu juta dolar. Namun, tetap saja tidak ada sepatu yang dapat melampaui penjualan Sotheby's baru-baru ini.

"Kami sangat senang bekerja sama dengan Sotheby's dalam akuisisi ini," kata Gerome Sapp, CEO & Co-Founder RARES.

"Tujuan kami membeli sepatu ikonik ini adalah untuk meningkatkan aksesibilitas dan memberdayakan komunitas yang melahirkan budaya sneakers sebagai alat untuk mendapatkan kebebasan finansial melalui RARES," sambung dia.

Sapp juga berharap pihaknya dapat kembali bekerja sama dengan Sotheby's untuk terus mengidentifikasi penemuan langka yang akan membantu meningkatkan, melestarikan, dan menegakkan budaya sneakers.

Mantan pemilik sepatu Yeezy, Ryan Chang, yang merupakan kolektor dan kurator dari Applied Arts turut mengungkapkan kebahagiaannya pernah memiliki sepasang sepatu itu dalam koleksinya.

"Saya selalu mengagumi maknanya sebagai artefak budaya," ujarnya.

"Saya sangat bersyukur bahwa karya ikonik ini sampai ke tangan yang tepat atas kebaikan Sotheby's," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/27/134000720/termahal-sneaker-nike-air-yeezy-1-langka-terjual-rp-26-miliar

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.