Salin Artikel

Berapa Lama Pasangan Suami Istri Harus Bercinta?

KOMPAS.com - Pasangan suami istri memiliki preferensi masing-masing ketika bercinta. Termasuk soal berapa lama kegiatan intim itu berlangsung.

Pandangan setiap pasangan terhadap kegiatan bercinta berbeda-beda. Oleh karenanya, waktu bercinta juga tergantung dari pasangan itu sendiri.

Ada yang menganggap bercinta dimulai ketika pasangan melakukan foreplay atau pemanasan. Tapi ada pula yang berpikir bercinta dimulai ketika penetrasi berlangsung.

Kemudian, ada yang berpandangan bercinta selesai setelah pasangan mendapatkan orgasme. Namun ada juga yang beranggapan kegiatan itu selesai saat pasangan saling memberi pelukan.

Sesungguhnya dalam bercinta tidak ada yang salah atau benar. Namun beberapa terapis seks memberikan pandangannya terkait waktu bercinta.

Orgasme bukan akhir

Terapis seks Sari Cooper mengatakan, berapa lama waktu bercinta tidak berkaitan dengan orgasme pada pasangan.

Pria dan wanita mungkin saja tidak mencapai orgasme pada saat yang bersamaan. Oleh karenanya, orgasme tidak bisa dijadikan patokan.

Menurut Cooper, beberapa penelitian menyebutkan waktu rata-rata yang dibutuhkan pria untuk mencapai orgasme melalui penetrasi sekitar 5-6 menit.

Sedangkan menurut satu dari sedikit studi menyebutkan, wanita membutuhkan waktu rata-rata 13,4 menit sebelum orgasme.

"Ketika bercinta, jangan hanya fokus pada waktu untuk mencapai orgasme. Ini bisa menjadi rumit karena waktunya berbeda dan mungkin ada yang sulit mendapat orgasme," kata psikolog Rachel Needle.

Menurut terapis seks Dulcinea Alex Pitagora, kegiatan bercinta seharusnya berlangsung selama kedua belah pihak menyetujui dan menikmatinya.

Entah itu hitungan menit maupun hingga beberapa jam. Jadi tidak ada patokan khusus terkait seberapa lama kegiatan bercinta harus berlangsung.

Pada beberapa orang, bercinta selama 5-20 menit adalah waktu yang ideal. Tapi bagi yang lain tidak karena beberapa faktor.

Misalnya saja lain usia, fungsi seksual, kondisi medis, tujuan seksual, dan faktor kontekstual.

Satu hal yang penting untuk diketahui, penelitian dan pengalaman klinis menunjukkan, wanita membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengalami kepuasan seksual.

Oleh karenanya, pasangan harus memerhatikan hal ini. Tidak ada salahnya suami menanyakan tentang kepuasan seksual kepada istrinya.

Begitu juga sebaliknya. Istri perlu berani mengungkapkan keinginannya kepada suami. Hal inilah yang menentukan seberapa lama kegiatan bercinta berlangsung.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/30/213213120/berapa-lama-pasangan-suami-istri-harus-bercinta

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.