Salin Artikel

Beracun, Jangan Berikan Makanan dan Minuman Ini untuk Anjing

KOMPAS.com - Ketika kita makan, tak jarang anjing peliharaan mendekat dengan wajah memelas dan berharap diberi makanan.

Beberapa pemilik anjing biasanya rela berbagi makanannya untuk anjing. Namun, perlu diketahui, tidak semua makanan atau minuman aman dikonsumsi anjing.

Berikut ini adalah lima makanan yang tidak boleh kamu berikan pada anjing kesayangan kamu:

1. Cokelat

Ericka Carroll, VMD, dokter hewan di Hello Ralphie, layanan perawatan dokter hewan virtual, menyarankan pemilik untuk menjauhkan cokelat dari anjing peliharaannya.

"Cokelat tidak hanya mengandung kafein tetapi juga senyawa yang disebut theobromine, yang tidak bisa ditolerir anjing," jelas Carroll.

Ketika anjing mengonsumsi cokelat, ia bisa muntah, diare, tremor, mengalami detak jantung tidak normal, dan kejang.

Carrol juga mengungkapkan bahwa semakin gelap cokelat, semakin tinggi jumlah teobromin yang ada, dan semakin besar risiko toksisitas untuk anjing.

2. Produk dengan xylitol

Meskipun makanan manis yang biasa kita makan bebas gula, tetap saja jangan berikan makanan tersebut pada anjing.

"Beberapa permen dan permen karet bebas gula mengandung senyawa yang disebut xylitol yang dapat beracun bagi anjing," jelas Carroll.

Xylitol dapat menyebabkan gula darah anjing turun dengan cepat ke tingkat yang berbahaya, menyebabkan gagal hati, kejang, dan bahkan kematian.

Pemanis buatan juga ditemukan di beberapa merek selai kacang, jadi pastikan memeriksa ulang labelnya sebelum memberikan camilan kacang kepada anjing.

3. Anggur

Carrol memperingatkan tentang efek buruk anggur dan kismis yang dapat membuat anjing muntah, lesu, dan bahkan tiba-tiba mengalami gagal ginjal. 

"Penyebab pastinya masih belum diketahui, tetapi anggur dan kismis bisa menjadi racun untuk anjing," kata Carroll.

4. Bawang merah dan bawang putih

Bawang merah dan bawang putih tentu sering digunakan sebagai bumbu untuk berbagai macam hidangan. Untuk itu, hati-hati memberikan makana itu pada anjing.

Carrol mengatakan bahwa bawang merah dan bawang putih mengandung zat yang dapat menghancurkan sel darah merah anjing dan menyebabkan kelesuan, serta rasa lemah yang parah.

5. Alkohol

"Jangan biarkan anjing minum alkohol, karena alkohol dapat berdampak negatif pada otak dan hati hewan peliharaan," kata Carroll.

"Bahkan bila tertelan hanya dalam jumlah kecil, anjing mungkin bisa mengalami muntah, depresi, tidak terkoordinasi, kesulitan bernapas, dan bahkan kematian."

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/05/072957220/beracun-jangan-berikan-makanan-dan-minuman-ini-untuk-anjing

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.