Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pola Makan dan Gaya Hidup untuk Cegah Penyakit Radang Usus

KOMPAS.com - Penyebab penyakit radang usus memang sampai saat ini belum diketahui dengan pasti, namun bukan berarti tidak bisa dicegah.

Pembaca acara Najwa Shihah dilarikan ke rumah sakit karena menderita gangguan usus. Hal ini diketahui dari salah satu unggahan di akun media sosialnya.

Penyakit radang usus adalah gangguan pencernaan yang menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan termasuk mulut, kerongkongan, perut, usus besar dan usus halus.

Bagian tubuh tersebut membengkak sehingga menyebabkan masalah dalam proses pencernaan makanan yang masuk ke tubuh. Gejalanya bisa diare, BAB berdarah dan kembung perut.

Penderita radang usus kerapkali lambat mendapatkan penanganan karena gejalanya kurang disadari. Jika sudah begini, obat-obatan dan operasi adalah jalan penyembuhan terbaiknya.

Agar tak mengalaminya, kita bisa melakukan sejumlah pencegahan untuk menghindari pemicunya. Namun jika ada faktor keturunan, maka akan sulit untuk melakukan pencegahan.

Faktor pola hidup dan pola makan adalah hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah munculnya gangguan usus.

  • Konsumsi makanan kaya nutrisi

Biasakan mengonsumsi makanan kaya nutrisi untuk mencegah gangguan pada sistem pencernaan. Misalnya saja kentang, pisang, pasta, ikan dan telur.

Sebaliknya, kurangi konsumsi daging merah, brokoli, apel yang masih berkulit, dan kubis.

  • Rutin olahraga

Berolahraga secara rutin kaya manfaat untuk tubuh termasuk mencegah peradangan pada usus. Beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan misalnya saja yoga, renang, bersepeda dan renang.

  • Berhenti merokok

Kebiasaan merokok menjadi salah satu faktor penting pemicu gangguan usus baik pada perempuan maupun lak-laki.

Bukan hanya itu, aktivitas ini juga mendatangkan berbagai risiko penyakit lainnya. Karena iti tak ada salahnya memutuskan untuk berhenti merokok untuk tubuh yang lebih sehat.

Mungkin akan sedikit menyakitkan di awal namun prosesnya sepadan untuk terbebas dari berbagai penyakit.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/06/142042320/pola-makan-dan-gaya-hidup-untuk-cegah-penyakit-radang-usus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke