Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tiara Kerajaan Italia Akan Dilelang, Nilainya Mencapai Miliaran Rupiah

KOMPAS.com - Sebuah tiara yang diwariskan kerajaan Italia dari generasi ke generasi akan dilelang di balai lelang Sotheby's di Jenewa, Swiss, pekan depan.

Tiara ini berasal dari paruh kedua abad ke-19, dan merupakan hadiah pernikahan Maria Vittoria dal Pozzo setelah ia menikah dengan Amadeo I of Savoy--yang kemudian menjadi raja Spanyol--pada tahun 1867.

Terdapat motif scroll, berlian dan mutiara pada tiara yang rencananya akan dijual dengan perkiraan harga 1 juta dollar AS-1,5 juta dollar AS (sekitar Rp 14,2 miliar-Rp 21,4 miliar).

"Tiara itu indah dan bersejarah, yang disimpan di House of Savoy selama lebih dari 150 tahun," kata Benoit Repellin, Head of Magnificent Jewels Sales di Sotheby's.

Rencananya, tiara ini akan dilelang pada tanggal 11 Mei mendatang, bersama item lain seperti bros safir dan berlian dari tahun 1930-an yang menampilkan safir Kashmir.

Diprediksi, item ini akan terjual seharga 2 juta dollar AS-3 juta dollar AS atau setara Rp 28,5 miliar-Rp 42,8 miliar.

Bros berlian dan safir Kashmir itu sempat dimiliki oleh pewaris merek bir Guinness, kata Senior Director of The Jewellery Department di Sotheby's, Olivier Wagner.

Safir Kashmir adalah material langka yang ditemukan pada akhir abad ke-19, dan tambang safir Kashmir hanya dieksploitasi selama 20 tahun, kata Wagner kepada Reuters.

"Satu-satunya cara untuk menemukannya adalah dengan membelinya di lelang," sebut dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/07/121339520/tiara-kerajaan-italia-akan-dilelang-nilainya-mencapai-miliaran-rupiah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke