Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Amazfit GTR 2, Smartwatch Berbentuk Klasik dengan Fitur Lengkap

KOMPAS.com - Selama beberapa tahun terakhir, Amazfit menjadi merek yang banyak disebut ketika orang membicarakan smartwatch.

Alasannya jelas, jam pintar buatan Huami itu menawarkan lebih banyak fitur, daya baterai panjang, terlihat keren dipakai, serta jauh lebih terjangkau dibanding smartwatch lain di pasaran.

Amazfit yang saat ini beredar adalah seri GTS 2 dan GTR 2 yang merupakan upgrade dari seri GTS dan GTR.

Kedua smartwatch ini memiliki fitur serupa, hanya saja GTS berbentuk kotak (S adalah singkatan dari Square) dan GTR berbentuk Round atau bundar.

Hal yang langsung menarik perhatian pada kedua jam ini adalah penggunaan bahan bermutu tinggi yang terasa halus di tangan, serta tampilan layar sentuh AMOLED yang jernih.

Sementara perbedaan yang paling besar barangkali ada pada daya tahun baterai, di mana GTS 2 bisa bertahan 7 hari, sedangkan GTR 2 dapat dipakai selama 14 hari tanpa harus diisi ulang, bahkan mencapai 38 hari bila dipakai dalam mode basic, alias fitur-fiturnya tidak diaktifkan.

Nah, bila sebelumnya kita sudah pernah membahas GTS 2, kini kita cari tahu apa saja yang dimiliki Amazfit GTR 2.

Amazfit GTR 2

Tampilan GTR 2 juga sedikit lebih besar meskipun diagonal layarnya secara teknis lebih kecil. GTR 2 memiliki panel AMOLED melingkar 1,39 inci (casing 46 mm) dengan resolusi 454 x 454, sedangkan GTS 2 memiliki layar persegi panjang 1,65 inci dengan resolusi 348 x 442.

GTR 2 memiliki dua tombol fisik. Tombol atas untuk membuka aplikasi smartwatch, sedangkan tombol bawah untuk memilih menu atau jenis olahraga yang akan dilakukan. Sebagai perbandingan, GTS 2 hanya memiliki satu tombol yang membuka halaman aplikasi.

Hal lain yang menunjukkan kelebihannya adalah fitur voice control offline, yang tidak ada di setiap smartwatch. Alih-alih mengandalkan asisten suara yang terhubung ke internet, kita dapat memberi perintah pada jam secara offline.

Sistem voice control ini dapat diaktifkan dengan beberapa pilihan, salah satunya dengan memutar pergelangan tangan atau setelah lampu layar menyala.

Kita misalnya bisa mengatakan "Open weather", maka layar akan menunjukkan kondisi cuaca, atau saat kita menginginkan tampilan yang lebih cerah, cukup katakan "Brightness up" maka layar akan menjadi lebih terang.

Bila ingin kembali ke layar utama, kita bisa mengatakan "Watch face" dan layar pun menunjuk ke wajah smartwatch.

Ada berbagai perintah yang bisa kita sampaikan dengan voice control, yang sangat berguna saat kita tidak bisa menggunakan touch screen, seperti saat sedang menyupir misalnya.

Kita juga bisa menyimpan lagu hingga 3GB, cukup untuk mentransfer 300-600 lagu favorit ke jam tangan melalui ponsel.

Untuk memasukkan lagu ke dalam jam tangan, kita perlu menambahkannya melalui aplikasi Zepp di ponsel dan kemudian menyelaraskannya.

Selain melalui speaker pada jam, musik juga bisa didengarkan menggunakan headphone nirkabel Amazfit PowerBuds yang dijual terpisah.

Keberadaan mikrofon dan speaker ini juga memiliki tujuan agar kita bisa menjawab panggilan telpon lewat jam tangan saat tidak nyaman untuk mengangkat ponsel.

Untuk mengaktifkannya, koneksi GTR 2 ke ponsel melalui Bluetooth harus dalam keadaan on.

Fitur kebugaran

Sensor PPG BioTracker di bagian bawah jam akan melacak gerakan pemakai dan kondisi kebugarannya, seperti detak jantung, oksigen dalam darah.

Pengukuran ini kemudian bisa disimpulkan menjadi kondisi kesehatan secara umum melalui score PAI atau Personal Activity Intelligence, selain juga bisa dipakai untuk menilai level stres pemakai hingga kualitas tidurnya.

Sementara untuk pelacakan olahraga, Amazfit GTR 2 dilengkapi 12 mode olahraga dasar, termasuk berjalan, berlari, bersepeda, dan berenang dalam berbagai kondisi dan medan.

Namun bila kita melihat pilihan lebih jauh, maka kita akan menemukan lebih banyak mode, mulai dari hula hup, yoga, hingga tinju.

Yang paling sederhana, pemakai bisa menghitung berapa langkah yang sudah diambilnya saat berjalan kaki menggunakan jam ini.

Yang lebih menantang, kita bisa menggunakannya untuk melacak data kebugaran saat berenang di perairan terbuka hingga ketika bermain ski.

Nah bicara soal berenang, walau kita menganggap smartwatch ini seperti ponsel yang tidak bisa kena air, nyatanya Amazfit GTR 2 bisa dipakai berenang, bahkan menyelam hingga kedalaman 50 meter. Artinya kita tidak perlu ragu untuk memakainya saat mandi juga.

Amazfit GTR 2 juga dilengkapi GPS bawaan untuk memetakan dan melacak aktivitas luar ruangan dengan lebih baik, serta fitur kompas, timer dan countdown. Selain itu, yang menarik untuk dicoba di luar ruangan adalah fitur barometer dan altimeter atau pengukur ketinggian.

Fitur lain

Bagi mereka yang memperhatikan penampilan, salah satu keunggulan smartwatch ini adalah kita bisa menyesuaikan tampilan watch face dengan berbagai wajah yang disediakan, mulai dari gaya arloji klasik, digital hingga artistik.

Dengan begitu, kita bisa memadupadankan tampilan jam dengan busana kita atau suasana hati.

Bila kamu adalah orang yang aktif, maka Amazfit GTR 2 tidak akan membuatmu cepat bosan karena banyak fitur menarik di dalamnya.

Untuk harga, kisaran Rp 2,2 juta (bisa lebih atau kurang tergantung penjualnya) termasuk terjangkau untuk smartwatch dengan kemampuan komples seperti ini. Bagaimana, tertarik?

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/07/164319020/amazfit-gtr-2-smartwatch-berbentuk-klasik-dengan-fitur-lengkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke