Salin Artikel

Kenali, 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit dan Kesehatan

Meski lidah buaya telah lama dikenal baik untuk kulit, ada banyak manfaat kesehatan lain yang bisa didapat dari tanaman unik ini.

Baik itu menggunakan ekstraknya langsung pada kulit, sebagai bahan suplemen, atau meminumnya sebagai jus.

Ya, lidah buaya dapat berdampak langsung pada kulit dan kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat lidah buaya

Lidah buaya merupakan bagian dari keluarga tanaman sukulen.

Meskipun sekarang tumbuh di semua jenis iklim tropis, tanaman ini berasal dari daerah seperti Afrika utara dan Eropa selatan.

Tanaman ini tumbuh rendah ke tanah dan ditandai dengan daun yang lebat dan tebal.

Zat seperti jeli yang diekstrak dari daunnya telah digunakan untuk tujuan pengobatan dan penyembuhan selama ribuan tahun.

Lidah buaya juga mengandung beberapa mineral, vitamin, antioksidan, dan asam amino berbeda yang meningkatkan kesehatan, serta penyembuhan luka secara aktif.

Mari mengetahui lebih lanjut beberapa manfaat kesehatan lain tanaman lidah buaya.

1. Membantu tetap terhidrasi

Lidah buaya dapat membantu menjaga kulit dan tubuh tetap terhidrasi.

Sebab, tanaman itu sangat padat air dan menahan banyak air, yang membentuk kelembapan pada daun dan ekstraknya seperti gel.

Kandungan nutrisi dalam gel tersebut meningkatkan kesehatan fungsi organ, sehingga proses yang melembapkan tubuh dapat dioptimalkan.

2. Mengandung antioksidan

Lidah buaya kaya akan berbagai jenis antioksidan, termasuk polifenol.

Antioksidan jenis ini menetralkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel pada kulit, organ, dan jaringan lain.

Polifenol juga dapat mengurangi peradangan dalam tubuh yang dapat menyebabkan banyak kondisi dan penyakit kronis.

Banyak dari antioksidan ini yang ditemukan di dalam suplemen dan jus lidah buaya.

3. Sebagai "obat" anti penuaan

Banyak krim dan pelembap yang mengandung lidah buaya dipromosikan sebagai produk anti penuaan, dan ada beberapa kebenaran ilmiah yang mendukung pernyataan ini.

Dalam ulasan yang diterbitkan National Institutes of Health, sifat pelembap dan anti penuaan lidah buaya dikaitkan dengan beberapa senyawa dan proses yang berbeda.

Mucopolysaccharides adalah molekul gula dalam lidah buaya yang bila dioleskan ke wajah atau tubuh dapat bekerja mengikat kelembapan ke dalam kulit.

Lidah buaya juga bisa merangsang sel fibroblast di kulit, yang mana sel-sel ini bertanggung jawab untuk memproduksi kolagen dan elastin.

Kandungan ini amat membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

Asam amino dan zinc dalam lidah buaya juga membantu melembutkan sel-sel kulit, mengencangkan pori-pori, serta menghasilkan tekstur kulit yang lebih muda.

4. Memiliki sifat penyembuhan

Selama ribuan tahun, lidah buaya telah digunakan untuk khasiat penyembuhannya. Tanaman ini dikenal sangat berguna dalam pengobatan luka bakar.

Dalam satu studi yang dilakukan oleh National Library of Medicine, para peneliti menemukan bahwa lidah buaya mempercepat penyembuhan luka dengan merangsang perbaikan sel dan fibroblas.

Untuk alasan ini, kita bisa menemukan semprotan lidah buaya yang dirancang khusus untuk mengatasi luka bakar ringan dan iritasi pada kulit.

5. Kebersihan mulut yang lebih baik

Antioksidan dalam lidah buaya juga berfungsi sebagai agen anti bakteri karena lapisan lidah buaya sering digunakan untuk menjaga agar produk makanan tetap segar lebih lama.

Demikian pula, efek antibakteri ini dapat meningkatkan kebersihan mulut dan mengurangi bakteri di mulut yang dapat menyebabkan penyakit gusi.

Oleh karena itu, gel lidah buaya sering ditemukan pada pasta gigi atau obat kumur.

6. Mengurangi kadar gula darah

Meskipun penelitian masih terbatas, mengonsumsi lidah buaya sangat disarankan untuk dapat membantu memerangi lemak dalam tubuh dan menurunkan kadar gula darah.

Hal tersebut tentu saja bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kronis lainnya yang berbahaya.

7. Meningkatkan kualitas udara dalam ruangan

Dari bahan yang digunakan untuk membangun rumah hingga produk pembersih yang kita gunakan setiap hari, bahan kimia terus dilepaskan ke udara di dalam rumah.

Bahan kimia ini bisa berbahaya dan memengaruhi kemurnian udara yang kita hirup di dalam.

Untuk itu, kita bisa mengandalkan lidah buaya sebagai salah satu tanaman yang berpotensi menghilangkan beberapa bahan kimia dari udara, dan memurnikannya selama proses fotosintesis rutinnya.

Jenis produk lidah buaya

Lidah buaya menjadi salah satu tanaman yang mudah didapatkan karena kita bisa menemukannya dalam berbagai jenis produk.

Ada pun produk-produk lidah buaya tersebut meliputi:

• Gel dan krim

Tempat paling umum kita akan melihat lidah buaya adalah di rak kosmetik.

Tanaman ini merupakan bahan aktif dalam berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit, termasuk sampo, kondisioner, pelembap, krim wajah, dan losion tubuh.

Kita juga bisa membeli gel lidah buaya murni dan langsung dioleskan ke kulit sebagai anti penuaan.

Di samping itu, lidah buaya biasa digunakan sebagai bahan dalam krim yang dirancang untuk kulit sensitif agar terhindar dari iritasi.

• Jus lidah buaya

Jus lidah buaya dapat dibuat dengan memblender seluruh daun tanaman lidah buaya, yang kemudian dimurnikan dan disaring menjadi jus untuk dikonsumsi.

Jus lidah buaya memiliki rasa yang sangat lembut dan sering kali disaring menjadi bentuk yang lebih bisa diminum daripada gel kental yang diperas langsung dari daun lidah buaya.

Banyak orang juga memilih untuk menambahkan jus lidah buaya ke smoothie bersama dengan bahan bergizi lainnya.

• Tanaman hias

Kita dapat menanam sendiri lidah buaya, meskipun kemungkinan besar tanaman ini hanya akan tumbuh dan berkembang dalam iklim tropis yang hangat.

Menumbuhkan dan memelihara tanaman lidah buaya sendiri juga menjadi cara yang hemat biaya untuk mengakses gel lidah buaya kapan pun kita mau.

Pastikan, kita menyisakan beberapa minggu di antara memotong daun untuk memungkinkan tanaman tumbuh subur.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/08/110000020/kenali-7-manfaat-lidah-buaya-untuk-kulit-dan-kesehatan-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.