Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waspada, 5 Jenis Kanker yang Paling Mematikan Bagi Pria

KOMPAS.com - Randi Bachtiar, suami artis cilik, Tasya Kamila dikabarkan mengidap kanker Limfoma Hodgkin stadium 2.

Penyakit ini memang tidak populer di kalangan awam karena kasusnya masih jarang yang terungkap ke publik. Kanker memang penyakit mematikan yang tidak pandang gender, pria dan wanita sama-sama memiliki risiko tinggi.

Kita mungkin selama ini lebih sering mendengar kabar kanker yang diderita oleh wanita. Namun nyatanya, risikonya pada pria juga tak kalah mematikan.

Dikutip dari Very Well Health, kematian akibat kanker di Amerika Serikat lebih tinggi pada pria dibandingkan wanita. Berdasarkan statistik tahun 2011-2015, angka kematian akibat kanker adalah 196,8 per 100.000 laki-laki dan 139,6 per 100.000 perempuan.

Setidaknya ada 323.630 pria di AS meninggal karena kanker pada tahun 2018 lalu. Jenis kankernya beragam mulai dari paru-paru sampai kolorektal.

Jika ditilik lebih jauh, ada lima jenis kanker yang berada di daftar atas sebagai penyakit fatal yang paling sering menyerang pria yaitu:

  • Kanker paru-paru

Jenis penyakit ini adalah kanker pembunuh nomor satu bagi para pria. Bahkan jumlah kematiannya diperkirakan lebih banyak dibandingkan kombinasi berbagai kanker lainnya.

Gejala kanker paru-paru pada pria antara lain batuk terus-menerus, batuk darah, suara serak, dan sesak napas. Pemica utamanya ialah kebiasaan merokok berkepanjangan dan berbagai faktor lainnya.

Karena, para perokok amat disarankan untuk melakukan skrining rutin tahunan untuk memastikan kondisi tubuhnya. Cara ini dipercaya dapat menurunkan risiko kematian hingga 20 persen.

Cek berkala direkomendasikan bagi pria yang masih dan pernah merokok, berusia 50 sampai 80 tahun dan menghisap hingga 20 pak rokok per tahun.

  • Kanker prostat

Pria dengan riwayat keluarga kanker prostat meningkatkan risiko terkena penyakit ini, selain faktor usia dan obesitas. Gejala yang mungkin dialami misalnya saja gangguan kencing, darah dalam urine dan nyeri pada tulang.

Deteksi dini sangat diperlukan untuk penanganan terbaik. Metode tes yang bisa dilakukan misalnya pemeriksaan colok dubur dan tes darah. Diagnosis awal dipercaya oleh sebagian kalangan dapat meningkatkan kelangsungan hidup penderitanya.

  • Kanker usus besar

Kanker mematikan ketiga bagi pria yakni kanker kolorektal yang menyerang organ usus besar. Penyakit ini disebabkan jaringan yang tumbuh di dinding kolon atau rektum dan berkembang menjadi kanker.

Para pria lebih berisiko pada penyakit ini apabila memiliki faktor riwayat keluarga, radang usus dan gaya hidup tidak sehat.

Disarankan untuk menjalani pemeriksaan tahunan kanker usus besar ketika masuk usia 50 tahun. Namun jika ada gejala serius yang dirasakan seperti darah di tinja atau rasa tidak nyaman di perut bawah maka direkomendasikan untuk segera berkonsultasi ke dokter.

  • Kanker pankreas

Kanker ini juga sangat berbahaya bagi pria, terbukti dari tingkat kelangsungan hidupnya yang amat rendah.

Penelitian membuktikan tingkat kelangsungan hidup lima tahun secara keseluruhan untuk tahap paling awal penyakit adalah 14 persen. Sedangkan untuk stadum akhir hanya sebesar 1 persen.

Faktor risiko yang bisa jadi pemicunya antara lain kebiasaan merokok, riwayat diabetes dan penyakit pankreatitis kronis.

Berbagai gejala yang harus diwaspadai antara lain munculnya penyakit kuning, gatal di kulit, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, kehilangan selera makan dan sakit perut berkepanjangan.

  • Kanker hati

Berbagai kanker berisiko tinggi pada pria seperti paru-paru, pankreas dan usus besar dapat menyebar ke hati. Tak heran jenis kanker ini juga masuk dalam daftar kanker mematikan bagi pria berdasarkan data di Amerika Serikat.

Gejalanya sendiri mirip dengan kanker pankreas termasuk penyakit kuning, sakit perut dan selera makan berkurang.

Meski demikian, risikonya lebih tinggi apabila seseorang memiliki riwayat konsumsi alkohol yang tinggi, infeksi hepatitis, dan sindrom herediter dikenal sebagai hemochromatosis.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/09/162342620/waspada-5-jenis-kanker-yang-paling-mematikan-bagi-pria

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke