Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Beda Komedo Putih dan Komedo Hitam

KOMPAS.com – Komedo termasuk masalah kulit wajah yang bisa dialami siapa saja, pria atau wanita. Jika diabaikan, komedo juga bisa berkembang menjadi jerawat.

Secara garis besar, komedo dapat terbentuk karena adanya sel kulit mati dan produksi kelenjar minyak yang berlebih pada kulit. Terkadang berbentuk titik-titik kehitaman di hidung atau pun seperti benjolan kecil dan keras mirip jerawat.

Menurut penjelasan dr.Edwin dari klinik Derma Express Jakarta, ada dua jenis komedo yaitu komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead).

“Warna hitam kerena komedo ada di permukaan kulit, terkena udara dan teroksidasi sehingga warna hitam. Sedangkan whitehead, komedonya ketutup sama kulit dan tidak terkena udara. Warnanya sama dengan warna kulit,” kata Edwin.

Kedua jenis komedo ini penyebabnya sama, yang membedakan letaknya. Jika komedo hitam seringkali muncul di bagian hidung, sekitar dagu, atau pipi.

Secara umum, menurut Edwin, komedo hitam lebih mudah diatasi. Tinggal diekstraksi, komedonya sudah bisa terangkat.

“Kalau whitehead agak dalam, kalo dipencet saja agak susah, harus dicouter atau tusuk jarum sedikit,” ujarnya.

Kendati demikian, Edwin menyarankan agar dilakukan facial wajah di klinik untuk mengatasi komedo, ketimbang memencetnya sendiri di rumah.

Melakukaan peeling atau eksfoliasi di rumah, lanjut dia, memang bisa membantu mengangkat sel kulit mati sehingga komedonya bisa berkurang.

“Sedangkan di klinik akan dilakukan pembersihan yang lebih mendalam selain mengangkat komedo. Setelah itu bisa dilakukan treatment lain untuk masalah kulitnya,” paparnya.

Karena itu, terapi facial tetap perlu dilakukan rutin, minimal sebulan sekali, untuk membersihkan komedo.

Bagaimana pun, wajah yang bersih merupakan langkah awal untuk memiliki kulit yang sehat dan flawless.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/09/200000220/mengenal-beda-komedo-putih-dan-komedo-hitam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke