Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Enggak Harus Mahal, 4 Bahan Alami Ini Ampuh Atasi Masalah Kulit Kering

KOMPAS.com – Kekurangan air dan minyak alami dapat menyebabkan kulit wajah tidak mendapatkan kelembapan yang cukup sehingga tampak kering.

Meski secara alami kulit mampu memproduksi minyak, ada beberapa hal yang menjadi sebab lapisan kulit tetap terasa kering.

Faktor-faktor tersebut di antaranya adalah paparan terhadap polusi, cuaca yang berubah, dan terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Pada kondisi yang lebih parah, kulit kering bisa mengelupas dan menimbulkan iritasi.

Untuk mengatasi masalah kulit kering, hal yang bisa dilakukan yaitu melakukan rangkaian perawatan wajah dengan sejumlah produk skincare.

Namun, selain mengandalkan skincare, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah sehingga tetap bisa berhemat. Berikut bahan-bahan alami dengan harga terjangkau yang mudah Anda temukan di pasar ataupun swalayan terdekat.

Mentimun

Mentimun merupakan salah satu bahan kecantikan alami yang cocok untuk kulit karena memiliki efek menenangkan. Selain itu, mentimun bersifat antiinflamasi yang dapat mengurangi iritasi dan kemerahan pada kulit.

Dikutip dari Live Science (2018), mentimun mengandung 95 persen air sehingga bermanfaat untuk melembapkan kulit. Karena itu, mengonsumsi mentimun bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Tak hanya itu, mentimun juga bisa menjadi  alternatif masker wajah ataupun body scrub alami. Caranya pun mudah, Anda cukup menghaluskan mentimun hingga berbentuk seperti pasta kemudian balurkan ke seluruh permukaan kulit.

Bila ingin cara yang lebih praktis, Anda juga bisa menggunakan body scrub dengan kandungan ekstrak mentimun. Butiran scrub yang lembut mampu membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit Anda tampak lebih sehat.

Jeruk

Selain memiliki rasa manis yang menyegarkan, jeruk juga kaya akan kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk tubuh. Karena itu, bahan alami satu ini banyak dijumpai dalam berbagai produk skincare.

Sebagai informasi, vitamin C pada jeruk dapat mengatasi masalah kulit kering dan mengurangi produksi minyak pada wajah. Selain itu, vitamin C memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi untuk mencegah penuaan dini.

Anda bisa melumatkan jeruk beserta kulitnya sebagai masker alami untuk kulit dan tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melengkapi perawatan kulit dengan rangkaian skincare berbahan utama jeruk.

Minyak zaitun

Bahan alami lain yang juga dikenal memiliki efek kelembapan tinggi adalah minyak zaitun. Pasalnya, kandungan vitamin E dan vitamin A pada minyak zaitun dapat mencegah dehidrasi pada kulit.

Selain mencegah dehidrasi kulit, minyak zaitun juga dapat menjaga kelembapan kulit sehingga tampak lebih sehat. Untuk melihat beragam produk minyak zaitun yang alami, Anda bisa cek di sini.

Beras putih

Selain dikenal sebagai salah satu bahan makanan pokok, beras putih ternyata dapat disulap menjadi masker atau scrub yang bermanfaat untuk kulit. Sebab, beras mengandung selenium yang diklaim mampu mempertahankan elastisitas kulit.

Selain itu, beras juga mengandung vitamin B1 yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit secara alami.

Jika Anda ingin membuat masker atau scrub dari beras, caranya sangat mudah. Anda cukup menghaluskan beras, lalu campurkan dengan air hingga berbentuk seperti pasta.

Dengan langkah sederhana tersebut, Anda bisa memetik manfaat beras putih secara langsung sehingga kulit jadi lebih sehat.

Agar kulit tetap terproteksi secara maksimal, Anda juga bisa menggunakan produk skincare yang terbukti aman dan ramah lingkungan. Misalnya saja seperti rangkaian produk perawatan tubuh dan wajah dari Martha Tilaar.

Untuk diketahui, rangkaian produk Martha Tilaar mengedepankan konsep clean beauty atau ramah di kulit dan lingkungan. Ini dibuktikan dengan kandungan produk yang bebas paraben dan telah teruji klinis.

Selain itu, produk Martha Tilaar juga tidak melalui proses pengujian pada hewan.

Seluruh produk Martha Tilaar dijamin 100 persen halal dan aman sehingga kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Untuk diketahui, pada Mei 2020, brand dengan slogan choose to be optimista tersebut ingin mengajak Anda tetap optimistis menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Martha Tilaar juga mengadakan kampanye Ramadhan Fair untuk membuat Ramadhan semakin berkesan. Melalui kampanye tersebut, Martha Tilaar menawarkan diskon menarik serta hadiah berupa mystery box.

Untuk mendapatkan diskon dan hadiah tersebut, Anda bisa membeli produk khusus kulit kering dari Martha Tilaar melalui Martha Tilaar Shop.

Promo menarik tersebut hanya tersedia hingga 23 Mei 2021 saja. Yuk, segera kunjungi www.marthatilaarshop.com.

chat & buy

Tanya di sini Chat & buy.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/11/160256120/enggak-harus-mahal-4-bahan-alami-ini-ampuh-atasi-masalah-kulit-kering

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke