Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seberapa Penting Kandungan SPF dalam Hand Cream?

KOMPAS.com - Hand cream atau krim tangan menjadi produk andalan selama pandemi ini untuk menjaga kelembaban kulit setelah berulang kali menggunakan sanitizer.

Kita dianjurkan untuk menjaga kebersihan tangan selama pandemi Civid-19 untuk menekan penyebarannya. Salah satunya dengan mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Sayangnya, pembersih tangan yang praktis ini mengandung alkohol sehingga membuat telapak tangan terasa kering.

Bagi beberapa orang yang sensitif, dampaknya bahkan bisa membuat kulit pecah-pecah dan terasa perih.

Untuk mengobatinya, krim pelembab tangan sangat dianjurkan untuk dipakai secara rutin. Tak heran semua brand kini berlomba memproduksi hand cream dengan berbagai kandungan dan aroma.

Belakangan muncul produk hand cream dengan kandungan SPF yang diklaim dapat menjaga kulit dari sengatan matahari.

Namun, apakah kita benar-benar membutuhkannya atau itu hanya strategi industri dalam menciptakan pasar baru?

Tangan selama ini memang jarang mendapatkan perlindungan tabir surya dibandingkan kulit di area lainnya. Namun sebenarnya kebutuhannya akan SPF sama saja dengan bagian tubuh lainnya seperti wajah dan leher. 

Apalagi tangan lebih sering terpapar sinar matahari misalnya saja mengemudi, berolahraga di luar ruangan dan berbagai aktivitas lainnya.

Seringkali, tangan dapat menunjukkan usia sebenarnya seseorang karena kondisinya yang lebih jujur. Pasalnya, orang menggunakan krim anti penuaan atau treatment kosmetik untuk wajah dan leher sehingga mampu menjaga kondisi kulit.

Joshua Zeichner, Direktur Riset Kosmetik dan Klinis di Rumah Sakit Mount Sinai, New York mengatakan semua produk apapun dengan kandungan SPF sangat dibutuhkan tubuh.

Hal ini termasuk pula hand cream yang juga memiliki manfaat tabir surya. “Krim tangan dengan SPF cenderung memiliki tekstur yang lebih kaya dengan tujuan melembabkan dan memperbaiki kulit kasar di tangan,” kata Dr. Zeichner.

Meskipun kandungannya tidak sekaya foundation ber-SPF, ia berpendapat fungsinya sudah sangat memadai untuk kebutuhan kulit tangan. Tentu saja penggunaanya harus disesuaikan dengan aturan dan jumlah yang dibutuhkan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/18/184614120/seberapa-penting-kandungan-spf-dalam-hand-cream

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke