Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bisa Atasi Luka Bekas Jerawat

Namun, manfaat minyak zaitun untuk wajah baru bisa dirasakan jika memilih jenis minyak zaitun yang tepat.

Disarankan memilih minyak zaitun extra-virgin berkualitas dan usahakan melakukan tes kulit terlebih dahulu sebelum menggunakannya secara rutin.

Merangkum sejumlah sumber, berikut manfaat minyak zaitun untuk wajah yang bisa didapatkan:

1. Kaya vitamin

Menurut International Olive Council, minyak zaitun mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin A, D, E, dan K.

Vitamin A, misalnya, dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan. Sementara vitamin E dapat membantu menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.

Penggunaan vitamin E secara topikal juga dapat membantu mengobati sejumlah masalah kulit, seperti psoriasis dan eksim.

2. Mengandung antioksidan

Kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun dapat membantu mencegah atau membalikkan kerusakan kulit akibat radiasi ultraviolet penyebab kanker.

Minyak zaitun memiliki konsentrasi squalane yang sangat tinggi dibandingkan dengan jenis lemak dan minyak lain yang biasanya dimakan.

Squalane inilah yang memberikan minyak zaitun antioksidan ekstra.

3. Mengurangi jerawat

Jika kulit kita rentan mengalami jerawat, menggunakan sabun mengandung minyak zaitun mungkin dapat membantu mengurangi jerawat dengan membunuh bakteri penyebab jerawat karena sifat antibakterinya.

4. Melembapkan kulit

Pelindung kulit (skin barrier) yang sehat sangatlah penting. Jika tidak dijaga, kulit dapat mengalami kekeringan, iritasi, peka, dan bengkak.

Salah satu cara untuk menjaga pelindung kulit adalah dengan mengunci kelembapan.

Minyak zaitun memiliki sifat oklusif. Artinya, minyak ini dapat bertindak dalam mengunci air dan menghalangi serangan eksternal.

Aplikasikan minyak zaitun di atas kulit yang lembap setelah penggunaan produk pelembap. Dengan begitu, minyak zaitun dapat berperan membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.

5. Mengobati luka jerawat

Menurut sejumlah laporan anekdot dan beberapa penelitian, mengoleskan minyak zaitun secara topikal dapat mempercepat penyembuhan luka.

Khasiat ini kemungkinan berkaitan dengan kandungan vitamin E yang tinggi di dalam minyak zaitun. Sebab, antioksidan terbukti dapat mengurangi munculnya bekas luka, termasuk luka yang disebabkan oleh jerawat atau pembedahan.

Kandungan di dalam minyak zaitun juga mungkin dapat bermanfaat bagi pembentukan bekas luka selama masa penyembuhan karena interaksi dengan lipid di membran sel.

6. Menghapus riasan wajah

Sisa riasan wajah yang membandel, misalnya maskara atau produk waterproof, sering kali menyulitkan dan terasa sakit ketika dilakukan.

Minyak zaitun bisa menjadi penghapus riasan wajah alami karena dapat membantu melarutkan minyak dalam produk kosmetik. Ingat, minyak dapat menarik minyak dan air dapat menarik air.

Untuk menggunakannya sebagai penghapus riasan, awali dengan memijat wajah dengan gerakan memutar, lalu bilas dengan air hangat.

Kita dapat melanjutkannya dengan pembersih wajah berbasis air untuk pembersihan ganda (double cleansing).

7. Pembersih wajah

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, minyak zaitun bisa menjadi bagian dari rutinitas double cleansing.

Mengapa manfaat minyak zaitun untuk pembersih wajah sangat baik?

Pertama, pembersih berbasis minyak bisa digunakan untuk hampir semua jenis dan kondisi kulit.

Pembersih berbasis minyak dapat melarutkan minyak berlebih pada kulit, tanpa surfaktan, bahan-bahan keras, atau pengawet, yang banyak terkandung dalam produk pembersih dengan busa.

Artinya, kulit wajah kita bisa bersih maksimal, tanpa terjadi pengelupasan atau gangguan mikrobioma alami kulit.

Jika menerapkan double cleansing, maka kita mengawalinya dengan pembersih berbahan dasar minyak, baru kemudian pembersih berbasis air.

Mulai membersihkan wajah dengan produk berbasis minyak akan membantu menghilangkan kotoran sekaligus mengurangi efek kering dari penggunaan produk pembersih dengan busa.

Jadi, selain wajah cenderung lebih bersih, membersihkan wajah dengan minyak zaitun juga bisa mengurangi efek pengelupasan dari produk pembersih berbasis air yang kita gunakan.

Namun, penggunaan minyak zaitun mungkin akan berbeda pada setiap jenis kulit.

Bagi pemilik kulit berjerawat atau kombinasi, misalnya, mungkin lebih disarankan untuk melanjutkan proses pembersihan dengan produk pembersih standar.

Risiko penggunaan

Setiap kulit berbeda dan dapat memberikan reaksi yang berbeda pula.

Misalnya, pada sebagian orang penggunaan produk tertentu mungkin dapat menyumbat pori-pori, sementara bagi yang lainnya tidak.

Jadi, jika saat ini sudah mencoba menggunakan minyak zaitun untuk wajah dan tidak menemukan masalah apapun, perawatan dapat dilanjutkan.

Bagi sebagian orang, minyak zaitun mungkin terlalu tebal untuk digunakan di wajah dan komedogenik.

Ketika sebuah produk bersifat komedogenik, maka produk tersebut dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori, yang menyebabkan sumbatan sebum, komedo, dan jerawat.

Formula produk komedogenik biasanya kental dan oklusif, sehingga dapat mengunci minyak dan bakteri pada kulit dan dapat menyebabkan peradangan. Pada akhirnya, kondisi tersebut dapat menyebabkan iritasi dan jerawat.

Selain itu, pemilik kulit sensitif atau kondisi kulit tertentu, seperti dermatitis, tidak disarankan menggunakan minyak zaitun untuk wajah.

Sebab, menurut sebuah studi, minyak zaitun dapat membuat kondisi kulit tertentu semakin parah pada orang dewasa dan menyarankan agar orangtua tidak menggunakannya untuk anak.

Jika memiliki kulit sensitif, lakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya ke seluruh permukaan kulit wajah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/20/113543520/7-manfaat-minyak-zaitun-untuk-wajah-bisa-atasi-luka-bekas-jerawat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke