Salin Artikel

4 Superfood yang Bantu Kurangi Peradangan Tubuh

KOMPAS.com - Inflamasi atau peradangan adalah respon dari imun jangka pendek yang bermanfaat untuk membantu melindungi tubuh dari gangguan luar, seperti bakteri, racun, dan virus.

Namun, jika peradangan menjadi kronis dan bertahan lama  dapat berdampak negatif pada kesehatan kita, bahkan bisa menyebabkan munculnya penyakit jantung, kanker, stroke, dan diabetes.

Dikutip dari SehatQ, zat atau organisme pemicu inflamasi dapat bertahan lama pada pembuluh darah dan mengakibatkan penumpukan plak.

Plak dalam pembuluh darah tersebut justru dianggap sebagai zat berbahaya dan akibatnya proses inflamasi kembali terjadi. Akhirnya terjadilah kerusakan pembuluh darah. Kerusakan akibat adanya sel inflamasi dapat terjadi pada pembuluh darah tubuh, jantung hingga otak.

Diet mungkin bisa menjadi salah satu cara utama yang dapat membantu untuk mengontrol peradangan kronis dalam tubuh. Berikut beberapa jenis makanan super (superfood) yang disarankan:

1. Buah beri

Sebagian jenis beri seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry, merupakan buah yang selalu masuk dalam daftar superfood.

Berbagai jenis beri ini mengandung antioksidan yang dapat menjadi molekul pelawan penyakit dan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Semua buah beri mengandung flavonoid, tetapi varietas tertentu lebih kuat daripada yang lain.

Blackberry dikenal karena kandungan fitonutriennya yang tinggi, yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, dan dapat berperan dalam mendukung sistem kekebalan juga.

2. Ikan berlemak

Menurut National Health Service (NHS) Inggris, ada baiknya kita mengonsumsi setidaknya 2 porsi ikan dalam seminggu.

Ikan berlemak yang bisa kita konsumsi, seperti salmon, kembung atau tuna, menjadi sumber EPA dan DHA, asam lemak omega-3 rantai panjang yang memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk tubuh.

Ketika kita memakan ikan jenis ini, tubuh kita akan memecah asam lemak laut menjadi senyawa yang disebut resolvins dan protectins, yang dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh.

3. Brokoli

Brokoli merupakan superfood yang menjadi sumber serat dan protein yang baik. Sayuran ini juga pembangkit tenaga padat nutrisi, serta sangat kaya akan flavonoid antioksidan seperti kaempferol dan quercetin.

Makanan hijau satu ini juga mengandung berbagai karotenoid, yang dapat membantu melindungi dari perkembangan kanker kulit dan penyakit mata tertentu.

4. Kunyit 

Kunyit merupakan bahan herbal yang sudah sejak lama dipakai dalam pengobatan kuno. 

Ternyata kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang telah diteliti dengan baik serta dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri yang terkait dengan radang sendi, termasuk jerawat yang meradang.

Para peneliti menemukan bahwa kurkumin, bahan kimia yang memberi warna kuning cerah pada kunyit, memiliki manfaat tak terduga terkait peradangan.

Kurkumin dikatakan mampu berinteraksi dengan berbagai molekul yang terlibat dalam peradangan, dan beberapa juga percaya bahwa ini sama efektifnya dengan obat penghilang rasa sakit dalam menekan peradangan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/25/134331020/4-superfood-yang-bantu-kurangi-peradangan-tubuh

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.