Salin Artikel

Cara Mengatasi Perasaan Insecure di Usia 30 Tahun

KOMPAS.com - Perasaan insecure rentan dirasakan orang yang berusia 30 tahun ketika menyaksikan kesuksesan teman seusianya.

Ada stigma yang berkembang di masyarakat bahwa usia kepala tiga seharusnya menjadi awal kesuksesan seseorang. Hal ini termasuk pendidikan, kemapangan karier, finansial, dan keluarga.

Nyatanya, tidak semuanya terwujud berdasarkan anggapan tersebut. Banyak yang masih harus berjuang dengan kehidupannya meski sudah berusia matang.

Misalnya saja terjebak pada pekerjaan dengan gaji rendah, belum menemukan pasangan hidup atau karier yang tidak berkembang.

Tak heran banyak yang merasa cemas, stres, tertekan dan rendah diri ketika melihar sekitarnya mengalami kondisi yang lebih baik.

Terlebih lagi dengan kebiasaan pamer di media sosial yang bisa memicu perasaan frustasi ini. Rasanya iri ketika melihat teman sekolah kerap mengunggah momen liburan atau pencapaian pribadi mereka.

Fokus pada tujuan hidup

Nurhalimah Br Siregar S.Psi, Grup Fasilitator dan Konselor Layanan Psikologi Ruang Jiwa megatakan, kita bisa membuang perasaan insecure ini dengan fokus pada tujuan hidup sendiri.

"Tidak usah iri, jangan down, kembali lagi ke tujuan hidup masing-masing karena kita semua punya waktu sendiri," jelasnya dalam acara Kind of Talks bertajuk "Umur 30 tapi Masih Gini-Gini Aja?".

Konten itu disiarkan secara langsung oleh akun Instagram @my.kindoflife bekerja sama dengan @sehatjiwa.id.

Psikolog yang akrab dipanggil Imah ini menjelaskan, setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing. Bisa saja teman kita lebih mampu menempatkan priorotas dan strategi sehingga mencapai kesuksesan lebih dulu.

Kita dianjurkan untuk lebih jeli melihat peluang yang mungkin mendukung pencapaian kesuksesan kita.

Sesuaikan pula dengan kemampuan dan tanggung jawab yang diemban saat ini.

Selain itu, Imah mengingatkan pentingnya bersyukur tentang apa yang kita miliki dalam hidup. Tidak ada perlunya membandingkan diri khususnya jika hanya menghasilkan perasaan tidak aman.

Kesuksesan, tambahnya, bukan diukur dari hasil diadu dengan orang lain. "Kesuksesan itu ketika bisa mencapai tujuan kita bukan target milik orang lain," tandasnya.

Alumnus Universitas Indonesia ini berpendapat sebenarnya tak ada target tertentu yang harus dicapai pada usia 30 tahun atau berapa pun. Terkecuali seseorang itu benar-benar tidak melakukan apa-apa sepanjang hidupnya.

Lebih baik kita menentukan apa yang diinginkan di fase usia tertentu dan kemudian berusaha mencapainya. "Set goals dan lakukan apa yang bisa ditingkatkan," tambahnya.

Sehat Jiwa dan Bahagia sendiri merupakan sebuah usaha sosial yang mendasarkan kegiatannya pada pikiran bahwa semua jiwa berharga, berhak untuk bahagia dan bisa untuk berdaya dalam kehidupannya.

Salah satu usaha yang dilakukan Sehat Jiwa dan Bahagia adalah membentuk layanan Kelompok Dukungan Psikososial Ruang Jiwa. Anggotanya dimasukkan ke kelompok berdasarkan rentang usia dan ketertarikan atau hobi, bukan atas dasar gangguan atau masalah yang dimiliki.

Pengaturan ini didasarkan pada pandangan bahwa anggota dapat saling mendukung teman-teman kelompok dan memberikan perspektif baru dalam memandang masalah bagi anggotanya.

Anggota kelompok juga akan mendapat akses ke Well-Being Curriculum yang membantu mereka mencapai kondisi hidup yang bermakna dan bahagia. Layanan ini bisa diakses dengan mengunjungi laman media sosial @ruangjiwa_id dan @sehatjiwa.id.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/25/150000120/cara-mengatasi-perasaan-insecure-di-usia-30-tahun

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.