Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Demi Lovato Ingatkan Fans agar Bijak Berkomentar Soal Berat Badan

KOMPAS.com - Penyanyi Demi Lovato baru-baru ini mengingatkan pengikutnya di media sosial untuk tidak mengomentari tubuh orang lain, bahkan ketika niatnya adalah memberikan pujian.

"Saya tidak tahu siapa yang perlu mendengar ini, tetapi memuji seseorang atas penurunan berat badan bisa sama berbahayanya dengan memuji kenaikan berat badan seseorang dalam hal pemulihan dari gangguan makan."

Demikian Lovato menuliskan pesan pentingnya dalam sebuah unggahan di Instagram Story di akun miliknya @ddlovato.

"Jika kita tidak tahu sejarah seseorang dengan makanan, tolong jangan mengomentari tubuhnya. Karena meskipun niat kita baik, itu mungkin membuat seseorang memikirkannya secara berlebihan," sambung dia.

Lovato juga mengungkapkan bahwa terkadang beberapa orang mungkin merasa senang saat mendengar pujian terhadap bentuk tubuh, tapi akan menjadi hal yang berbeda jika itu diterima orang-orang dengan gangguan makan.

Pelantun Dancing with the Devil itu memiliki sejarah yang panjang terkait gangguan makan, mulai dari diet yang terlalu ketat hingga menderita bulimia.

Oleh sebab itu, dia mengingatkan orang-orang untuk lebih berhati-hati dalam berkomentar mengenai bentuk tubuh dan penurunan berat badan.

"Pesan moralnya adalah bahwa tubuh saya lebih dari sekadar cangkang bagi jiwa saya dan setiap hari saya berjuang untuk mengingatkan diri saya akan hal itu," terangnya.

Perubahan bentuk tubuh

Faktanya, ada banyak alasan mengapa tubuh seseorang bisa berubah secara tidak sengaja.

Termasuk sebagai akibat dari gangguan makan atau pemulihan gangguan makan, serta kesehatan mental dan kondisi kesehatan kronis lainnya.

Lovato menegaskan, apabila kita tidak tahu mengapa seseorang menurunkan berat badan, memuji tubuh orang itu dapat memicu pikiran dan perasaan yang mengganggu.

"Bahkan, jika kita tahu seseorang menurunkan berat badan dengan sengaja, memujinya atas penurunan berat badan mungkin bisa saja tidak diterima," tambahnya.

Intinya, tidak ada alasan untuk mengomentari tubuh orang lain jika mereka tidak membicarakannya sendiri.

Seperti yang dijelaskan Lovato dalam postingannya, pemulihan gangguan makan adalah proses berkelanjutan yang memerlukan kerja terus menerus dan komentar tentang penurunan berat badan dapat menggagalkan kemajuan itu.

"Sampai saat ini saya masih berjuang. Ada periode waktu di mana saya melupakan masalah gangguan makan saya dan di lain waktu hanya itu yang saya pikirkan," ungkapnya.

"Tapi seperti itulah pemulihan gangguan makan bagi sebagian orang dan saya masih berharap suatu hari nanti saya tidak akan memikirkannya lagi," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/26/112639220/demi-lovato-ingatkan-fans-agar-bijak-berkomentar-soal-berat-badan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke