Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Beli yang Bajakan, Ini 5 Situs Baca Buku Gratis dan Legal

KOMPAS.com - Penulis Tere Liye mengeluhkan perdagangan buku bajakan yang marak terjadi di e-commerce. Aktivitas ini tentunya merugikan penulis buku yang sudah bersusah payah menghasilkan karya.

Keinginan untuk membaca kerapkali tidak disadari dengan kesadaran untuk menghargai hak penulis atas karyanya. Pembahasan soal buku bajakan ini juga sempat ramai di media sosial Twitter.

Banyak yang menyayangkan amukan Tere Liye karena dianggap terlalu kasar. Penulis bernama asli Darwis memang sempat menyebut pembeli buku bajakan dengan kata dungu.

Kemarahannya sebenarnya bisa dipahami. Pasalnya, buku bajakan tidak membayar pajak, royalti dan menyalahi hak atas kekayaan intelektual seseorang.

Sayangnya, masyarakat masih sering tergoda untuk membeli produk ilegal ini karena harganya yang murah meriah. Banyak yang berdalih, harga buku seharusnya diturunkan agar terjangkau bagi semua orang. Dengan demikian, tak ada lagi yang tertarik membeli buku ilegal ini.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dijadikan alternatif untuk membaca buku secara legal tanpa mengeluarkan banyak biaya atau bahkan gratis. Kita bisa memanfaatkan situs atau aplikasi daring yang kini banyak tersedia.

Setidaknya, ada lima aplikasi atau situs yang bisa kita manfaatkan yaitu: 

  • Aplikasi iBI Library

Aplikasi yang juga tersedia dalam versi dekstop di laman ibilib.moco.co.id ini adalah layanan perpustakaan digital milik Bank Indonesia. Produk ini berbasis media sosial yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook.

Aplikasi ini memiliki ribuan judul buku berbahasa Indonesia dari berbagai genre. Koleksinya beragam mulai dari bahasa, TOEFL, IELTS, komputer, psikologi, agama, hobi, entrepreneur, fiksi, dan non-fiksi.

Karya penulis populer termasuk novel karya Ahmad Fuadi, Dewi Lestari dan Eka Kurniawan. Buku bisa dipinjam dengan gratis untuk dibaca di gawai masing-masing.

  • Aplikasi iPusnas

Aplikasi ini merupakan produk digital dari Perpustakaan Nasional untuk memudahkan pembaca di seluruh Indonesia. Kelebihannya, aplikasi ini bisa digunakan secara daring maupun luring.

Setidaknya ada 150 penulis karya sastra Indonesia yang karyanya tersedia di aplikasi ini. Selain itu, banyak pula buku terjemahan karya penulis dunia yang populer.

Kita bisa membaca buku dengan menjadi anggotanya dan mendapatkan kemudahan meminjam versi ebook-nya.

  • Google Books

Sebagai mesin pencarian terbesar di dunia saat ini, Google jelas punya koleksi buku yang amat banyak. Kita bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan bacaan yang diinginkan.

Cara mendapatkannya juga sangat mudah, cukup dengan mengetik keywords soal buku tersebut. Sayangnya, tidak semua buku tersedia secara gratis, ada beberapa judul yang berbayar.

Agar tidak keluar biaya, klik :Search tools” dan ubah “Any books” menjadi “Free Google eBooks”. Pengaturan ini membatasi pencarian kita hanya pada buku gratis saja.

  • Open Library

Situs ini menyediakan setidaknya 1 juta ebook secara gratis untuk dibaca oleh publik. Semuanya bisa diunduh dengan mudah dalam format EPUB, DJVU, MOBI, dan PDF.

Kelebihannhya, Open Library bermitra dengan banyak toko buku untuk memungkinkan kita meminjam secara daring. Karena itu, ada begitu banyak genre buku yang tersedia di laman ini termasuk buku untuk anak-anak.

  • Project Gutenberg

Situs ini adalah salah satu favorit para pecinta buku di seluruh dunia. Hadir tahun 1971, perpustakaan digital ini merupakan salah satu pelopor layanan buku daring.

Setidaknya ada 56.000 judul buku yang tersedia untuk dibaca oleh publik secara legal. Koleksinya bisa diunduh dalam format EPUB, MOBI, dan TXT.

Kelebihannya, laman ini memungkinkan buku untuk disimpan langsung ke penyimpanan pribadi daring seperti Dropbox, Google Drive, dan OneDrive.

https://www.rd.com/list/read-books-for-free-online/

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/26/150209420/jangan-beli-yang-bajakan-ini-5-situs-baca-buku-gratis-dan-legal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke