Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Penyakit akibat Gangguan Endokrin

KOMPAS.com – Sistem endokrin merupakan jaringan kelenjar yang memproduksi dan melepaskan hormon untuk mengontrol berbagai fungsi tubuh, termasuk kemampuan tubuh mengubah kalori menjadi energi untuk sumber tenaga sel dan organ-organ.

Gangguan pada kelenjar endokrin bisa menyebabkan penyakit yang berbeda-beda, mulai dari malnutrisi, gondok, diabetes, gangguan jantung, hipertensi, hingga tumor ganas pada sistem pencernaan.

Gangguan kelenjar endokrin umumnya disebabkan perubahan gaya hidup yang cenderung meninggalkan pola sehat.

Jika dicuriagi ada gangguan endokrin, pasien disarankan berkonsultasi ke dokter penyakit dalam subspesialis endokrinologi.

Gejala penyakit endokrin sangat beragam tergantung pada kelenjar yang terpengaruh. Namun, mayoritas pasien mengeluhkan gejala kelelahan dan lemas. Pemeriksaan darah dan urine biasanya diperlukan untuk mengetahui kadar hormon dalam tubuh.

Pusat endokrinologi

Untuk menyediakan layanan satu atap terkait gangguan endokrin, RSU Bunda Jakarta memperkenalkan Endocrine Center.

Dr. Feronika MARS selaku Direktur RSU Bunda Jakarta menjelaskan ‘Endocrine Center’ adalah pusat layanan medis terbaru di RSU Bunda Jakarta, sebagai pusat pemeriksaan endokrin yang mendiagnosis pasien yang menderita penyakit terkait hormon.

Kondisi medis terkait hormon termasuk gangguan metabolik, reproduksi, persepsi sensori dan respirasi.

“Kondisi metabolik paling umum yang ditangani oleh para endokrinologi seperti diabetes, gangguan kolesterol dan tiroid,” katanya.

Selain dokter-dokter yang kompeten, menurutnya Endocrine Center juga dilengkapi dengan peralatan medis terkini sesuai perkembangan teknologi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/30/104218820/kenali-penyakit-akibat-gangguan-endokrin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke