Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa yang Terjadi jika Tidak Mencuci Muka Sebelum Tidur?

KOMPAS.com - Rasa lelah seringkali membuat kita malas membersihkan wajah. Rasanya ingin segera berbaring di kasur, lalu tidur begitu saja.

Namun, apa yang sebenarnya terjadi pada kulit kita jika kita lupa atau bahkan sengaja tidak mencuci muka sebelum tidur?

"Tidak mencuci muka tidak akan sepenuhnya merusak kulit kita, tetapi bila menjadi kebiasaan  dapat menyebabkan hal buruk untuk kesehatan kulit kita," 

Demikian penjelasan dr. Adeline Kikam, DO , MSc, FAAD, seorang dokter kulit berlisensi di Amerika Serikat dan pendiri Brown Skin Derm.

Dijelaskan Kikam, penting untuk membersihkan kulit dari kotoran dan debu sebelum tertidur.

"Membersihkan wajah secara rutin akan mencegah penumpukan kotoran, yang dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri penyebab peradangan dan jerawat, serta menyebabkan kekeringan, eksim, dan penuaan dini," katanya.

Dr. Tess Mauricio, MD, FAAD seorang dokter kulit di Amerika Serikat, menambahkan bahwa kulit kita akan terlihat kusam dan berminyak, serta menjadi lebih rentan terhadap infeksi jika kita jarang mencuci dan membersihkannya.

Lalu, Kikam mengatakan bahwa kelalaian mencuci wajah ini akan membuat kulit kita mengalami kekeringan dalam beberapa hari setelahnya.

Beberapa kulit yang sensitif juga mungkin mengalami ruam atau muncul jerawat setelah beberapa minggu.

Sementara dampak yang bisa dirasakan beberapa tahun ke depan adalah munculnya garis-garis halus dan kerutan, efek penuaan dini karena kerusakan radikal bebas kumulatif pada kolagen di kulit kita.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/01/192327120/apa-yang-terjadi-jika-tidak-mencuci-muka-sebelum-tidur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke