Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan Jantung

KOMPAS.com - Kopi merupakan salah satu minuman yang paling sering dikonsumsi oleh orang-orang sebelum mulai beraktivitas.

Kopi mengandung kafein yang dapat merangsang sistem saraf pusat dengan cara meningkatkan energi, metabolisme, stamina, kewaspadaan, dan meningkatkan suasana hati.

Namun, terlalu banyak kopi juga bisa menyebabkan sakit perut, membuat kita merasa gelisah, cemas, mengganggu tidur, dan bahkan memicu migrain.

Di sisi lain, kopi kaya akan ratusan senyawa bioaktif yang bermanfaat, termasuk antioksidan. Sebagian besar peneliti percaya bahwa kafein pada kopi sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini terdapat tiga manfaat minum kopi bagi kesehatan jantung yang dilansir dari laman Eat This Not That.

1. Mengurangi risiko gagal jantung

Sebuah studi baru dalam jurnal American Heart Association Circulation melaporkan bahwa konsumsi kopi dapat mengurangi risiko gagal jantung.

Orang yang lebih banyak minum kopi memiliki risiko gagal jantung paling kecil.

Faktanya, data dari Framingham Heart Study menemukan penurunan 5 persen sampai 12 persen risiko gagal jantung peserta yang minum per cangkir kopi, dibandingkan dengan yang tidak minum kopi.

Efek yang sama tidak ditemukan di antara mereka yang melaporkan minum kopi tanpa kafein, yang mengarahkan peneliti untuk menyimpulkan bahwa kafein bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Menurut peneliti utama, Dr David Kao dari University of Colorado Anshutz Medical School, kopi dan kafein sering dianggap buruk untuk jantung karena orang mengasosiasikannya dengan palpitasi akibat tekanan darah tinggi.

"Tetapi, hubungan yang konsisten antara peningkatan konsumsi kafein dan penurunan risiko gagal jantung mengubah asumsi itu," terangnya.

2. Antioksidan melawan radikal bebas yang baik bagi jantung

Sebagai minuman nabati alami, kopi kaya akan antioksidan yang bermanfaat. Salah satu antioksidan utama dalam kopi adalah polifenol.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa polifenol bertindak sebagai antioksidan untuk membantu meredam peradangan sistemik dan menetralisir radikal bebas untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Polifenol juga menawarkan perlindungan yang lebih  dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah, meningkatkan kolesterol baik, meningkatkan ketersediaan oksida nitrat ke pembuluh darah, menurunkan kolesterol jahat, dan mengurangi peradangan.

3. Mengurangi risiko penyakit vaskular

Tinjauan sistematis lain dari 53 studi yang dilaporkan dalam jurnal Circulation menemukan bahwa orang-orang yang minum sekitar tiga cangkir kopi per hari mengalami penurunan risiko penyakit kardiovaskular lebih dari 10 persen.

Sementara, hal tersebut tidak terjadi pada orang-orang yang hanya minum satu sampai dua cangkir kopi per hari saja atau tidak minum sama sekali.

Kendati demikian, peminum kopi berat — melebihi batas cangkir yang ideal per hari — mungkin memiliki faktor diet dan gaya hidup lain yang mengganggu manfaat kopi. Misalnya saja merokok, jarang berolahraga, atau menggunakan pemanis pada kopinya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/02/085638020/3-manfaat-minum-kopi-bagi-kesehatan-jantung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke