Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Hairspray Dapat Hilangkan Noda Tinta pada Pakaian?

KOMPAS.com - Pakaian yang terkena noda tinta, tentu akan rusak keindahannya. Sayangnya hal ini sering terjadi karena kita kerap lalai mengantongi pulpen di saku pakaian. 

Ketika sedang tidak beruntung, terkadang tinta pada pulpen itu bisa bocor dan mengenai pakaian yang sedang dikenakan.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan noda tinta tersebut?

Ada yang mengatakan bahwa hairspray dapat membantu kita menghilangkan bercak tinta yang menempel pada pakaian. Namun, apakah ini benar?

Bahan rahasia yang terkandung dalam hairspray

Berbagai jenis tinta memiliki bahan dengan sifat kimia yang cukup unik. Sebagian besar tinta mengandung campuran pigmen, pewarna, pelarut, dan minyak pelumas. Kombinasi inilah yang membuat noda tinta sangat sulit untuk dihilangkan.

Spidol permanen dan bolpoin berisi tinta berbahan dasar minyak, dan nodanya terkadang dapat dihilangkan dengan menggunakan alkohol gosok yang dioleskan dengan kapas.

Nah, dulunya hairspray mengandung alkohol yang merupakan bahan rahasia, dan  memungkinkannya untuk membantu menghilangkan noda dari tinta.

Namun, selama bertahun-tahun, produsen hairspray telah mengurangi jumlah atau sama sekali menghilangkan alkohol karena dapat mengeringkan atau merusak rambut.

Melansir The Spruce, hairspray yang mengandung alkohol benar-benar mampu menghilangkan noda tinta yang masih segar.

Namun, untuk noda tinta yang sudah lama mengering tidak akan mudah hilang, apa pun jenis pembersih yang kita coba gunakan.

Meski hairspray saat ini kebanyakan tidak mengandung alkohol, bukan berarti kita menyerah begitu saja.

Kita bisa mencari hairspray yang memiliki kandungan alkohol dengan membaca bahan-bahan apa yang terkandung pada hairspray yang akan dibeli.

Lalu, perlu diketahui bahwa ada beberapa tinta berbahan dasar air. Untuk tinta jenis ini memang lebih mudah untuk dibersihkan, cukup menggunakan kombinasi alkohol, sabun biasa dan air cucian.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/02/123759220/apakah-hairspray-dapat-hilangkan-noda-tinta-pada-pakaian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke