Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Nutrisi Paling Penting untuk Menjaga Kesehatan Kulit

KOMPAS.com - Rajin melakukan perawatan kulit dari luar dengan menggunakan skincare saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan kulit dalam jangka panjang. Imbangi dengan asupan yang sehat.

"Kulit adalah organ terbesar kita dan saya sering menyebutnya 'cermin ajaib' karena memberikan refleksi luar yang sangat baik dari apa yang terjadi di dalam tubuh kita," kata dokter dan pendiri TheSpaDr.com, Trevor Cates, ND.

Dia percaya dalam membangun kulit yang indah haruslah dari dalam ke luar. Karena itu, dia merekomendasikan kita untuk berfokus pada makanan yang kaya nutrisi untuk kulit.

"Beberapa nutrisi tertentu yang kita konsumsi dapat membantu mendukung mikroorganisme di kulit yang hidup untuk membantu melindungi kulit dari jerawat, noda dan penuaan dini," jelasnya.

Sependapat dengan Cates, ahli nutrisi untuk The Charge Group di Philadelphia, Veronica Campbell, RDN juga menegaskan bahwa nutrisi dalam makanan memainkan peran besar dalam kesehatan kulit dan dapat mengubah struktur, serta kelembapan kulit.

Dia pun menyarankan agar kita dapat mengonsumsi beberapa nutrisi penting guna menjaga kesehatan kulit, seperti yang dilansir dari laman Well and Good berikut ini.

1. Protein

Protein biasanya dianggap sebagai pembangkit tenaga untuk membangun otot, padahal nutrisi ini juga dapat memberikan keajaiban pada kulit. Itu karena kulit sebagian besar terdiri dari protein.

"Nutrisi makro esensial ini sama pentingnya dengan oli di mobil kita," kata Campbell.

"Jika kita tidak memenuhi kebutuhan protein harian, tubuh kita akan menarik cadangan dan dapat menurunkan kualitas kulit," sambung dia.

Jadi, jika kita kulit tetap bersinar dan sehat, cobalah untuk memasukkan protein dalam setiap makanan.

Terutama, jika kita adalah penikmat makanan nabati atau vegan, gandakan makanan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian yang lezat.

2. Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan lemak sebagai perawatan kulit klasik yang dapat bekerja untuk menyembuhkan luka dan bekas luka pada kulit.

Nutrisi ini juga baik dalam mencegah tubuh dari kerusakan yang dibuat oleh radikal bebas.

"Paparan racun radikal bebas seperti sinar UV menghasilkan oksidasi, akibatnya kulit terasa lelah dan menua," terangnya.

Maka dari itu, asupan harian vitamin E yang direkomendasikan adalah 15 mg. Jadi, makanlah lemak sehat, di antaranya minyak zaitun dan alpukat segar.

3. Biotin

Biotin sering disebut sebagai vitamin kecantikan untuk membuat rambut, kulit, dan kuku yang kuat.

Campbell mengungkapkan bahwa biotin juga sebenarnya digunakan untuk membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi.

Jadi, ketika ada kekurangan, tanda-tandanya mungkin muncul sebagai rambut dan kuku yang rapuh.

Untuk sumber makanan alami, dia merekomendasikan kita mengonsumsi beberapa telur (khususnya kuning telur), ubi jalar, dan pisang atau suplemen biotin.

4. Vitamin C

Sering ditemukan dalam serum atau lotion, antioksidan kuat ini adalah bahan pokok perawatan kulit yang disukai oleh kulit.

Campbell mengatakan vitamin C sangat bagus untuk mengurangi kerusakan radikal bebas dengan mengurangi stres oksidatif dan membantu dalam pembuatan kolagen.

Itu berarti kita tidak boleh berhemat pada buah jeruk, paprika merah segar, dan tomat yang lezat.

"Vitamin C larut dalam air dan yang terbaik adalah menikmati makanan mentah yang kaya vitamin karena merebus dapat menyebabkan vitamin keluar dari produk makanan," sarannya.

5. Kolagen

Berbicara tentang kolagen, turunan protein ini memainkan peran penting dalam struktur kulit, rambut, tulang, dan jaringan ikat.

Produksi kolagen akan berkurang seiring dengan penuaan dan juga terlalu sering terpapar sinar matahari.

Kita bisa mengisi kolagen di dalam tubuh dengan mengonsumsi kaldu tulang ikan dan ayam, serta protein hewani.

6. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 atau lemak tak jenuh tidak hanya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, tetapi juga membantu melembapkan kulit, mengurangi kemerahan, dermatitis, dan jerawat.

Jika kita menginginkan kulit yang sehat dan cerah, sekarang mungkin saat yang tepat untuk melakukan diet Mediterania yang banyak mengonsumsi asam lemak omega-3.

"Pilihkah ikan daripada daging merah atau minyak zaitun daripada minyak sawit dan sumber makanan omega-3 lainnya, termasuk alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian," ungkap Campbell.

7. Air

Meskipun biasanya tidak dianggap sebagai nutrisi, air memiliki efek terbesar pada tubuh dan kulit.

"Minum air yang cukup secara teratur dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan meningkatkan efisiensi," kata Campbell.

"Dengan tetap terhidrasi, kita dapat mengurangi bengkak dan jerawat, memperbaiki struktur kulit, serta meningkatkan kekenduran," imbuh dia.

Standar minum air setidaknya delapan gelas per hari atau kita bisa melihat warna urine jika ingin mengetahui apakah kita kekurangan air atau tidak.

Jika warna urine bening, maka itu bisa menjadi tanda hidrasi berlebihan. Jika gelap itu tandanya kita kekurangan air.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/07/125534320/7-nutrisi-paling-penting-untuk-menjaga-kesehatan-kulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke