Salin Artikel

Cara Mengasuh Balita dan Bayi Baru Lahir Tanpa Merasa Stres

KOMPAS.com - Mengasuh balita dan bayi yang baru lahir, seperti yang dialami Pangeran Harry dan Meghan Markle saat ini, bisa menjadi pengalaman melelahkan bagi banyak orangtua muda.

Kehadiran bayi di dalam keluarga tentu saja memberikan kebahagiaan tak terkira bagi orangtua dan keluarga. Namun, ada implikasi yang harus dihadapi yakni tanggung jawab untuk mengasuh dua anak yang masih berusia dini.

Ketika anak kita masih di usia balita, mereka masih dalam proses tumbuh kembang dan belum bisa mandiri. Jadi tak heran apabila mereka merasa cemburu dan kesepian karena kelahiran adiknya.

Di sisi lain, bayi juga masih butuh banyak perhatian termasuk penyesuaian jam tidur. Tak heran fase ini bisa jadi sangat menantang dan menuntut bagi banyak orangtua.

Untuk menghadapinya, berikut beberapa cara yang bisa diaplikasikan saat mengasuh batita dan bayi di rumah.

  • Mendaftarkan si kakak ke PAUD atau program pre school

Mendaftarkan anak dalam program pre-school untuk balita bisa jadi solusi yang tepat untuk kebutuhan semua orang. Si kakak bisa mendapatkan teman baru dan aktivitas yang menyenangkan.

Di sisi lain, orangtua bisa mendapatkan waktu untuk fokus mengurus anak bayinya. Atur waktunya agar jadwal masuk sekolah tidak bertepatan dengan rencana kelahiran.

Dua momen besar untuk tiap anak ini bisa saja sangat menyita waktu dan perhatian orangtua. Pastikan si kakak tetap mendapatkan perhatian dengan mengapresiasi pengalaman pertamanya bersekolah.

  • Buat batasan wilayah

Siapkan ruangan terpisah bagi setiap anak dan sesuaikan perlengkapannya. Buat ruang bermain untuk anak yang lebih tua, lengkapi dengan buku, mainan, bangku dan berbagai kebutuhannya.

Pastikan area tersebut aman untuknya, khususnya jika kita sesekali harus meninggalkannya untuk fokus pada bayi.

  • Samakan jadwal tidur siang

Menyamakan jadwal tidur siang kedua anak bisa menjaga kewarasan orangtua. Bawa kedua anak ke tempat tidur saat tiba jadwal istirahat siang.

Cobalah membuat balita kita tidur terlebih dahulu karena biasanya mereka akan tidur lebih lama. Jadwal tidur mereka juga cenderung lebih stabil dan dapat diprediksi.

Jika hal ini sulit diwujudkan, gunakan waktu tidur siang bayi untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama balita dan sebaliknya. Cara ini membuat kita tetap dekat dengan kedua anak tanpa terkecuali.

  • Mendongeng untuk anak

Mendongeng untuk anak yang lebih tua mudah dilakukan sembaru mengganti popok atau menyusui bayi. Ceritakan kisah yang familiar sehingga tidak perlu memegang buku dongeng atau karang saja sebisa kita.

Gunakan tokoh dan tema yang biasa disukai oleh anak. Alternatif lain, kisahkan pada balita saat-saat ketika mereka masih bayi.

  • Gunakan gendongan bayi

Agar gerakan dan aktivitas lebih efisien, gunakan gendongan bayi yang membuat buah hati menempel erat dan aman pada tubuh kita. Tujuannya agar kedua tangan kita terbebas untuk melakukan berbagai hal.

Dengan cara ini, kita bisa menjaga bayi tetap dalam jangkauan sekaligus mampu mengasuh balita dan memenuhi kebutuhannya.

  • Priorotaskan si kakak

Pastikan untuk menyisihkan waktu khusus bersama si kakak, balita yang sedang dalam masa perkembangan emosional. Hal ini akan memperkuat ikatan kita dengan anak yang lebih tua dan memastikan mereka tidak kekurangan perhatian.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa transisi menjadi saudara kandung cenderung tidak menimbulkan stres dan gangguan bagi anak yang lebih besar.

Ada banyak yang bisa dilakukan bersama si kecil misalnya saja menghadiri acara bersama, jalan-jalan atau hanya sekedar makan berdua tanpa gangguan adiknya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/07/135658520/cara-mengasuh-balita-dan-bayi-baru-lahir-tanpa-merasa-stres

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.