Salin Artikel

3 Langkah Mudah Mendapatkan Kulit Sehat bagi Pria

KOMPAS.com - Kulit wajah yang sehat dan bebas masalah bukan hanya dambaan wanita namun juga menjadi impian para pria. Sayangnya, tak banyak yang mengetahui cara mewujudkannya dengan langkah mudah.

Rutinitas perawatan kecantikan wanita kerapkali dianggap terlalu merepotkan untuk dipraktikkan. Belum lagi berbagai produk perawatan kulit dengan kandungan yang sulit untuk dipahami.

Tak heran banyak pria yang sulit mendedikasikan diri untuk menerapkan metode yang serupa. Padahal mereka sebenarnya juga menginginkan kulit yang sehat demi menunjang penampilan dan meningkatkan percaya diri.

Belum lagi fakta hanya sedikit produk pria yang tersedia di pasaran sehingga membatasi pilihan.

Dr. Anthony Rossi , dermatologis dari New York, mengatakan gender tidak berpengaruh dalam produk perawatan kulit.

"Produk pria mungkin memiliki wadah abu-abu baja dan berbau musky, tetapi mereka akan memberikan hasil akhir yang sama dengan opsi yang dikemas dengan lebih lembut dan tidak berjenis kelamin," jelasnya.

Para pria bisa memakai semua produk yang sama dengan wanita tanpa terkecuali. Selain itu, hanya butuh tiga langkah sederhana untuk mendapatkan kondisi kulit yang ideal yakni:

  • Mencuci muka tidak dengan sabun khusus

Harus diakui, banyak pria yang gegabah mencuci mukanya dengan sabun biasa yang dipakainya untuk tubuh. Padahal sabun tersebut dapat menyerap terlalu banyak minyak di kulit wajah dan merusak skin barrier.

Akibatnya, kulit lebih rentan iritasi dan berbagai permasalah kulit lainnya. Segera ganti dengan produk pencuci muka yang sesuai dengan jenis kulit kita.

Jika memiliki kulit berminyak, Rossi merekomendasikan pencuci muka dengan asam glikolat atau asam salisilat.

Sedangkan pemilik kulit kering atau rentan terhadap eksim disarankan memakai produk yang ringan dan memiliki bahan "non-komedogenik" yang tidak akan menyumbat pori-pori.

  • Gunakan pelembab di pagi dan malam hari

Gunakan pelembab setiap pagi dan malam hari untuk menjaga elastisitas kulit dan skin barrier. Tidak perlu memakai produk yang berbeda karena fungsinya tidak terlalu berlainan.

Pelembab juga perlu dioleskan setelah bercukup karena kulit menjadi lebih terbuka. Dr. Hartman, ahli kesehatan kulit dari Birmingham menyarankan untuk meneliti lebih jauh soal kandungan produk yang dipakai.

Ia menyebutkan, pelembab dengan bahan "humektan" seperti gliserin, yang menarik dan mengikat air di permukaan kulit sangat cocok untuk kulit kering. Sedangkan pemilik kulit berminyak dianjurkan mencari produk dengan klaim bebas minyak.

  • Selalu gunakan tabir surya

Tabir surya adalah produk paling penting dalam tahapan perawatan kulit. Sinar matahari dapat menyebabkan berbagai masalah kulit termasuk penuaan dini dan kanker kulit.

Gunakan produk sunscreen yang memiliki kandungan minimal SPF 30 dengan ukuran seperempat sendok setiap kali dipakai.

American Academy of Dermatology Association merekomendasikan untuk mengoleskan kembali tabir surya setiap dua jam jika kita sering berada di luar ruangan. Apabila lebih banyak di alam ruangan, penggunaan menyeluruh di pagi hari dianggap sudah cukup.

Pakar kecantikan menyarankan memakai produk pelembab yang mengandung tabir surya sekaligus agar lebih praktis dan menyingkat tahapan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/07/162109120/3-langkah-mudah-mendapatkan-kulit-sehat-bagi-pria

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.