Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Makanan Penghilang Stres yang Tidak Bikin Gemuk

KOMPAS.com - Makan menjadi pilihan banyak orang untuk menghilangkan stres. Sayangnya, pola makan berlebih bisa memicu kenaikan berat badan yang menjadi sumber beban pikiran tambahan.

Aktivitas dan tuntutan kehidupan membuat semua orang rentan terhadap stres. Pusing menghadapi anak, konflik dengan pasangan, dan beban kerja berlebih kerapkali memicu kondisi ini.

Terlebih lagi kita masih berkutat di masa pandemi yang menuntut banyak penyesuaian sekaligus menambah kecemasan.

Penelitian American Psychological Association menyebutkan, sebanyak 78% orang Amerika merasa pandemi adalah sumber stres yang signifikan dalam hidup mereka.

Sedangkan dua pertiga lainnya  atau sebanyak 67% mengatakan bahwa tingkat stres mereka secara umum meningkat.

Karena keterbatasan ruang gerak, makan menjadi cara menyalurkan emosi favorit bagi sebagian orang selama pandemi.

Namun keputusan impulsif untuk makan sering berakhir menjadi penyesalan karena dampaknya pada tubuh yang membuat kita jadi kegemukan.

Untuk mengantisipasinya, Dr. Howard Maziar, seorang psikiater bersertifikat di Atlanta, Georgia menganjurkan praktik makan bersih alias clean eating untuk meredakan stres. "Fokus pada makanan utuh dan bernutrisi," terangnya.

Kita harus menyisihkan keinginan untuk makan makanan yang tinggi gula dan sarat lemak, dan menggantinya dengan makanan padat nutrisi, kaya serat, yang menopang energi dan membantu kita melawan stres.

Ada vitamin dan nutrisi utama yang harus disertakan setiap hari saat makan untuk mengurangi stres. Kandungan tersebut termasuk vitamin B dan C, asam lemak omega-3, magnesium, dan selenium.

Untuk memastikan pemenuhannya, ada enam bahan makanan yang wajib disertakan dalam menu penghilang stres ini.

  • Pisang

Pisang adalah camilan yang sempurna saat kita merasa penat. Buah ini memiliki dua nutrisi utama untuk mengurangi stres, yaitu vitamin B6 dan C.

Terdapat pula gula dan serat alami untuk menciptakan energi yang berkelanjutan sehingga kita bisa lebih bersemangat.

  • Buah berry

Buah seperti strawberry dan blueberry mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan, dan anthocyanin. Manfaatnya sangat beragam termasuk untuk mengurangi diabetes dan obesitas.

  • Bayam

Sayuran kaya manfaat yang mudah ditemukan di pasar ini sarat akan vitamin B, C dan magnesium. Sejumlah pakar menilai bayam sangat penting untuk mengurangi stres asalkan diolah dengan tepat.

  • Telur

Telur adalah salah satu makanan penghilang stres terbaik karena menjadi sumber vitamin B dan D, kolin, dan selenium. Nutrisi tersebut penting untuk kesehatan otak dan sangat penting untuk mengatasi stres.

  • Salmon

Salmon mengandung vitamin B dan asam lemak omega-3 penghilang stres yang meningkatkan serotonin untuk meningkatkan mood. Alternatif ikan berlemak lainnya misalnya saja bandeng, tuna, sarden dan trout.

  • Kenari

Jenis kacang-kacangan ini terbukti sebagai antidepresan alami karena kandungan vitamin B, asam lemak omega-3, dan uridine. Manfaat lainnya, mampu meningkatkan kemampuan otak untuk membuat kita mampu berpikir lebih jernih.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/07/163757620/6-makanan-penghilang-stres-yang-tidak-bikin-gemuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke