Salin Artikel

6 Jenis Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh di Media Air

KOMPAS.com - Ada beberapa tanaman hias yang bisa ditanam di air, seperti baby tears, begonia, dan bambu keberuntungan.

Ketahuilah bahwa sejumlah tanaman hias memang diciptakan secara genetik dapat tumbuh dan membentuk akar ketika terkena kelembapan.

Ini adalah adaptasi kelangsungan hidup dan merupakan propagasi atau perbanyakan tanaman dengan memanfaatkan bagian dari tanaman itu sendiri.

Tanaman hias yang bisa ditanam di air bisa tumbuh hanya dengan dicelupkan ke dalam tanah.

Selain membuat kita tak banyak bersentuhan dengan tanah, menanam tanaman hias dengan media air juga tampak cantik secara estetika.

Tanaman hias yang bisa ditanam di air

Melansir the Spruce, berikut beberapa tanaman yang bisa tumbuh di media air dan dapat menambah koleksi kita di rumah:

Tanaman ini punya banyak daun kecil yang merambar dan membentuk alur padat namun halus di sepanjang batangnya.

Kita bisa meletakkan segenggam tanaman dengan atau tanpa akar di dalam air, kemudian melihat betapa mudahnya tanaman ini beradaptasi dan tumbuh di air.

Karena baby tears akan menumbuhkan begitu banyak daun di sepanjang batangnya, daun yang terendam dalam waktu lama mungkin akan membusuk secara perlahan.

Oleh karena itu, dianjurkan mengganti airnya setiap minggu untuk menghilangkan daun yang mengambang di air.

Setelah akar terbentuk dengan baik, biarkan ketinggian airnya turun dan memberikan kelembapan ke tanaman.

Kita bisa berlatih menanam di air menggunakan begonia lilin yang kuat dengan simpul daun yang sangat menonjol dan akar yang terbentuk dengan mudah.

Begonia rex yang mewah dan behonia tuberous juga bisa tumbuh di air, bahkan hanya memerlukan satu daun untuk memulai tanaman baru.

Mungkin perlu waktu beberapa bulan bagi tanaman untuk membentuk akar. Sebaiknya, lakukan penggantian air setiap minggu untuk mencegah bakteri yang dapat menyebabkan pembusukan dan menghambat pertumbuhan tanaman.

Caranya, ambil potongan tanaman sepanjang sekitar 15 cm, kemudian lepaskan daun-daun di 10 cm bagian bawahnya.

Tempatkan potongan dalam gelas atau vas air dan kita akan melihat akar mulai terbentuk dalam beberapa minggu.

Menambahkan sedikit teh kompos ke dalam air selama pertumbuhan bulanannya akan membantu tanaman coleus kita berkembang lebih subur.

Biasanya, para penanam membentuk batang bambu keberuntungan menjadi spiral atau bentuk anyaman. Meskipun hal ini sebetulnya tak memengaruhi kemampuan tanaman untuk tumbuh di air, tanaman mungkin menjadi sangat berat dan membutuhkan lebih dari sekadar air untuk tetap kokoh.

Kita bisa mengelilingi tanaman bambu keberuntungan kita dengan kerikil atau batu berwarna-warni yang juga akan menambah nilai ornamen sekaligus memberikan dukungan agar tetap berdiri kokoh.

Philodendron yang sehat tidak akan terganggu jika beberapa batangnya diambil untuk dibudidayakan di air. Selain itu, tanaman berdaun unik ini juga punya berbagai varietas dengan berbagai ukuran dan warna.

Jika beberapa jenis philodendron dikumpulkan di satu tempat, sudah terbayang kan betapa cantiknya sudut ruangan kita?

Philodendron dapat tumbuh di semua kondisi cahaya, tetapi jika pertumbuhan batangnya kelihatan lebih banyak daripada daunnya, menempatkan tanaman di posisi dengan cahaya lebih terang akan meningkarkan meningkatkan pertumbuhannya.

Baik tradescantia dengan varietas bergaris zebra maupun kultivar berdaun ungu dapat beradaptasi dengan baik dan dapat memercantik ruangan dengan cahaya sedang.

Pernah memerhatikan bahwa tradescantia yang dipangkas tampak masih hidup beberapa minggu kemudian? Ini adalah petunjuk untuk bahwa tanaman ini adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh di media air.

Perhatikan baik-baik simpul daun di sepanjang batangnya dan kita akan melihat inti akar siap untuk tumbuh.

Masukkan beberapa batang ke stoples, vas atau wadah lainnya yang berisi air untuk menjaga tanaman ini tetap tumbuh.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/08/062100420/6-jenis-tanaman-hias-yang-bisa-tumbuh-di-media-air

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.